Vaksinasi di Bantul Yogyakarta Jalan Terus Meski Ramadan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memastikan layanan Vaksinasi Covid-19 tetap buka selama bulan Ramadan.

Sumber: Switzy Sabandar/KOMPAS.TV
Vaksinasi siswa usia 6 sampai 11 tahun di Kecamatan Sewon Bantul sudah mencapai 90 persen. 

TRIBUNJAMBI.COM, YOGYAKARTA - Layanan Vaksinasi Covid-19 di Bantul, Yogkarta dipastikan tetap buka selama bulan Ramadan.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul memastikan masyarakat tetap bisa mengakses layanan vaksinasi Covid-19 di seluruh puskesmas Bantul, termasuk sentra vaksin Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul.

“Ketersediaan vaksin kami cukup, termasuk booster,” kata Wakil Bupati sekaligus Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul Joko Purnomo, Sabtu (2/4/2022).

Dia akan berkoordinasi lintas sektor untuk memastikan tidak timbul klaster baru selama puasa dan Lebaran. Ada rencana, layanan vaksinasi Covid-19 juga dibuka di posko mudik.

"Memang ada wacana itu tetapi dari dinas kesehatan akan menghitung dulu dan mempersiapkan,” katanya.

Sementara, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Bantul Abednego Dani Nugroho mengungkapkan, belum ada rencana membuka layanan vaksinasi setelah jam buka puasa. Artinya, jam layanan vaksinasi masih seperti semula pada jam kantor.

Baca juga: Kejar Target Saat Ramadan, Pemerintah Berencana Buka Vaksinasi di Masjid dan Musala

Ia tidak menampik, akhir-akhir ini terjadi peningkatan jumlah peserta vaksin booster sekalipun masih di bawah target 1.000 orang per hari.

“Sudah mencapai rata-rata 400 sampai 500 orang per hari,” ujarnya.

Berdasarkan data Sistem Informasi Imunisasi Terpadu (Simundu), capaian vaksinasi Kabupaten Bantul per Jumat 1 April 2022, dosis 1 mencapai 788.199 orang atau 87,64 persen dari target sasaran 899.352.

Capaian dosis 2 sebanyak 755.395 atau 83,99 persen dari jumlah target sasaran yang sama. Vaksin booster atau dosis 3 baru menyasar 90.914 orang atau 12,09 persen dari target 752.225 orang.

Baca juga: Moeldoko Tetap Optimis Target Vaksinasi akan Tercapai Meski Puasa Ramadan

Berita ini telah tayang di Kompas.tv

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved