Cak Imin Ingatkan Jangan Ganggu Jatah PKB, Pengamat: Itu Warning untuk Jokowi

Pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar agar tak mengusik jatah partainya di kursi kabinet dinilai sebagai sebuah peringatan untuk Jokowi.

Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengingatkan agar jatah PKB tidak diganggu. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar agar masuknya PAN ke kabinet Jokowi tidak mengganggu jatah PKB.

Sekalipun, pernyataan tersebut disampaikan Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin, dengan nada guyon, tetapi pengamat menilai itu sebuah peringatan kepada Presiden Joko Widodo.

"Ini warning (peringatan) ke Jokowi lah, karena yang berhak melakukan reshuffle itu Jokowi bukan yang lain," ujar Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/3/2022).

Menurutnya, pesan yang disampaikan Cak Imin itu sangat jelas yakni jangan ganggu jatah PKB.

"Nadanya bercanda tapi pesan dan substansinya itu serius gitu, terlihat berat hati PKB itu dengan masuknya PAN. Dikasih warning kalau sampai ganggu (jatah kursi) menteri PKB, maka akan terjadi (seperti) perang Rusia dan Ukraina," terangnya.

Meski demikian, dia menilai, Jokowi memiliki alasan yang kuat untuk melakukan perombakan kabinet. Salah satunya yakni kurangnya keberpihakan menteri terhadap produk dalam negeri.

"Jadi semakin memperkuat reshuffle menunggu waktu dekat saja," kata Adi.

Sebelumnya diberitakan, Muhaimin Iskandar mengaku tak masalah jika Presiden Joko Widodo merombak atau me-reshuffle kabinetnya untuk memasukkan kader PAN dalam kabinet.

Namun, Muhaimin mewanti-wanti agar masuknya kader PAN ke kabinet tidak mengganggu kursi yang sudah diduduki oleh kader PKB agar tidak menimbulkan konflik antarkedua partai.

"Silakan, asal enggak ganggu PKB. Kalau ganggu PKB, bisa Ukraina lawan Rusia nanti, masak PAN lawan PKB?," kata Muhaimin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (24/3/2022).

Baca juga: PAN Masuk Kabinet, Cak Imin Ingatkan Asal Jangan Ganggu PKB, Bisa Seperti Rusia Ukraina

Baca juga: Cak Imin Siap Dipanggil Megawati Soal Penundaan Pemilu 2024

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Jangan Ganggu Jatah PKB, Pengamat: Itu "Warning" Cak Imin ke Jokowi"

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved