TNI AL akan Rekrut Anggota Pramuka, Disiapkan Jadi Intel dan Awak Kapal Perang

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan bakal merekrut anggota Pramuka untuk menjadi komponen cadangan (komcad) matra laut.

Puspen TNI/Puspen TNI
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan bakal merekrut anggota Pramuka untuk menjadi komponen cadangan (komcad) matra laut. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengatakan bakal merekrut anggota Pramuka untuk jadi komponen cadangan (komcad) matra laut.

Kata Yudo, mereka nantinya akan dilatih untuk mengawaki kapal perang dan menjadi intelijen TNI AL.

“Komponen cadangan TNI AL ini untuk komponen cadangan perang laut, termasuk pramuka-pramuka ini. Kita sudah ajari mereka mengawaki kapal dan sebagainya,” ujarnya di Markas Besar TNI Angkatan Laut pada Rabu (23/3/2022).

“Nantinya dia bisa mengawaki kapal atau pun sebagai personel intelijen di daerah untuk memberikan data-data tentang intelijen musuh, misalnya seperti itu,” sambung Yudo.

Saat ini, TNI AL masih dalam proses perekrutan untuk menjadi calon anggota komcad.

Baca juga: Jauh Lebih Mematikan, Milisi Pendukung Rusia Tembakkan Roket Termobarik di Ukraina

Dalam perekrutan tersebut, Yudo mengingatkan kepada jajarannya agar pelaksanan seleksi lebih teliti dan fokus.

Hal ini dilakukan agar mereka yang telah menjalani komcad bisa dimanfaatkan, misalnya turun dalam gelanggang perang laut ketika negara dihadapkan pada situasi darurat militer.

“Perekrutan komponen cadangan laut ini harus lebih teliti dan fokus sehingga begitu selesai ini, mereka betul-betul bisa dimanfaatkan untuk menjadi komponen cadangan dalam melaksanakam perang laut,” kata Yudo.

Seperti diketahui, pihak TNI AL saat ini tengah membidik 500 peserta untuk bergabung dalam program yang diinisiasi Kementerian Pertahanan tersebut.

Baca juga: Swedia dan Finlandia Ikut Latihan Perang Pasukan NATO, Takut Dinvasi Rusia?

Nantinya, peserta komcad matra laut akan menjalani pelatihan di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Berita ini telah tayang di Kompas.tv

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved