Jasmine Kampanyekan Gaya Hidup Paperless

Jasmine Varsha Ananda (20) terpilih menjadi Putri Hutan Indonesia Provinsi Jambi 2022. Lingkungan dan keadaan hutan Indonesia saat ini menjadi...

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Ist
Jasmine Varsha Ananda (20) terpilih menjadi Putri Hutan Indonesia Provinsi Jambi 2022 

TRIBUNJAMBI.COM - Jasmine Varsha Ananda (20) terpilih menjadi Putri Hutan Indonesia Provinsi Jambi 2022. Lingkungan dan keadaan hutan Indonesia saat ini menjadi motivasinya untuk ikut serta menjadi Putri Hutan Indonesia Provinsi Jambi.

"Motivasi pertama saya ikut ajang ini kak yang pertama lingkungan, karena sekarang kita merasa nggak suhu panas, cuaca yang tidak menentu, karena itu kebetulan ada pemilihan Putri Hutan dan kalo saya terpilih atau nggak saya tetap ingin mengedukasi masyarakat pentingnya menjaga lingkungan, lingkungan tempat kita tinggal kalo lingkungan aja kita gak perduli terus rusak kita mau tinggal dimana lagi," ujarnya.

Jasmine anak pertama dari pasangan Agus Suhendro dan Erita Rahman.

Dia masih menyandang status mahasiswa di Politeknik Jambi Prodi Software Engineering, angkatan 2021. Dia juga dapat mengikuti ajang ini juga karena rekomendasi kaprodi dan dukungan teman-temannya.

"Gak sangka juga terpilih dan sempat pesimis karena persiapan mendaftar dadakan, peserta yang lain persiapannya berbulan-bulan sedangkan saya dan teman-teman lain yang ikut beneran gak ada persiapan apapun, lombanya berturut-turut pulangnya aja habis magrib jadi sempat bingung cari kostum yang akan dipakai, jadi sampai bilang sudah la jadiin pengalaman aja besok ikut lagi, eh ternyata terpilih," kenangnya.

Jasmine sempat shock terpilih karena merasa persiapannya mengikuti ajang Putri Hutan Indonesia Jambi masih kurang matang dibandingkan peserta lainnya

Dengan gelar Putri Hutan Indonesia Jambi Jasmine ingin mengajak generasi muda sekarang untuk lebih peduli dengan lingkungan terutama hutan. Dia ingin memulai dengan mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan kertas dan tissue (paperless).

"Penggunaan kertas dan tissue kita suka boros nggak sih, nah saya ingin ajak masyarakat terutama anak-anak sekolah untuk mengurangi penggunaan kertas dan tissue secara berlebihan, saya ingin bareng sama teman-teman Politeknik jurusan TRPL membuat suatu inovasi agar mempermudah anak sekolah dasar hingga jenjang kuliah jadi mudah pembelajarannya tanpa kertas," jelas penggemar lagu The Seed dari Aurora ini.

"Tissue juga tanpa sadar kita sering boros menggunakannya jadi saya ingin mengajak masyarakat mengurangi penggunaan tissue dengan beralih ke lap mikrofiber yang daya serapnya lebih baik daripada tissue, dan bisa dipakai berulang kali harganya murah," tambahnya.

Dengan menerapkan paperless Jasmine menilai produktivitas dan efektivitas ruang jadi meningkatkan. Menghemat biaya juga untuk pengeluaran buku.

Sampai sekarang Jasmine masih menerapkan gaya hidup paperless.

"Dari awal kuliah sampai sekarang saya paperless, dan catatan kuliah langsung disalin ke laptop atau handphone, dan teman-teman satu prodi yang awalnya skeptis jadi ikut paperless," ungkapnya.

Selain kampanye paperless Jasmine juga mengkampanyekan zero to wild life hero dan zero to forest hero. Kedua kampanye tersebut untuk mengajak masyarakat melindungi hutan dan menghentikan perburuan ilegal.

Saat ini Jasmine juga tengah mempersiapkan mencari sponsor yang siap mendukungnya ke ajang nasional Putri Hutan Indonesia.

"Persiapan yang jelas dari diri sendiri, latihan di sanggar Jambi Kreatif dan saat ini masih mencari sponsor untuk ke ajang Nasional Putri Hutan Indonesia, saya harap dengan kampanye-kampanye saya tadi dan gelar ini saya bisa bertanggungjawab menjalankannya dan saya ingin ajak generasi muda jaga lingkungan, jaga hutan dan jaga satwa liar," tutupnya.

Baca juga:  PSG Terancam Menghadapi AS Monaco Tanpa Lionel Messi Karena Sakit Flu

Baca juga: Begini Syarat Untuk Menjadi Calon Suami Natasha Wilona, Benarkah Verrell Bramasta Masuk Kriteria?

Baca juga: Witan Sulaeman Cetak Gol, Hasil Trencin vs FK Senica Imbang, Ini Link Livescore

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved