Info Honda Jambi

Honda PCX e:HEV Punya Segudang Kecanggihan Motor Masa Depan, Seperti Apa?

Mengusung konsep hybrid yang memberikan akselerasi lebih agresif, Scooter Honda menerapkan technology HEV.

Penulis: M Yon Rinaldi | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
All New Honda PCX e:HEV 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Hadir kembali untuk memenuhi keinginan masyarakat, Honda terus mengembangkan inovasinya. Kali ini dengan mengusung konsep hybrid yang memberikan akselerasi lebih agresif, Scooter Honda menerapkan technology HEV.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan, Honda PCX e:HEV di kelas 160cc ini mengusung mesin konvensional berkapasitas 157cc yang dipadukan dengan motor listrik.

Perpaduan ini digunakan untuk meningkatkan daya dan torsi maksimum yang dihasilkan mesin PCX e:HEV. Jadi bisa dipastikan performa motor ini lebih cepat dibandingkan PCX standar. Selain itu, Honda melengkapinya dengan fitur Riding Mode yang sebelumnya tidak dimiliki PCX standar.

Konsumsi bahan bakarnya irit, karena penggunaan teknologi PGM-FI dan eSP yang selama ini menjadi standar wajib motor matic Honda. Pada motor ini juga tersedia pula sistem pendingin cairan (Liquid Cooled) yang memastikan suhu mesin selalu stabil saat berakselerasi pada kecepatan tinggi dan dalam waktu lama.

Tenaga maksimal yang dihasilkan bisa mencapai 10.8 kW pada 8.500 rpm dan ditambah motor listrik yang bisa mengeluarkan tenaga 1.4 kW pada 3.000 rpm. Inilah yang membuat tenaga PCX e:HEV lebih besar dari PCX standar, karena ada perpaduan dengan motor listrik yang jelas menambah tenaganya.

Baca juga: Info Honda Jambi, Gandeng HSFCI Jambi, Sinsen Uji Ketangguhan New CB150X

Torsi Honda PCX e:HEV yang mencapai 13.2 Nm pada 6.500 rpm dan ditambah motor listrik sebesar 4.3 Nm pada 3.000 rpm. Menariknya, tidak diperlukan pengisian baterai Lithium-Ion yang digunakan untuk menyimpan tenaga motor listrik tersebut, karena akan terisi secara otomatis saat motor dikendarai.

Dimensi PCX e:HEV panjang 1.923 mm, lebar 745 mm dan tinggi 1.107 mm. Bobot motor ini hanya 136 kg, sehingga memiliki handling yang ringan dan mudah dibawa bermanuver. Tinggi tempat duduknya berjarak 764 mm. Untuk jarak terendah dengan permukaan tanah sebesar 137 mm yang membuatnya semakin nyaman dikendarai.

Dilengkapi juga dengan system pencahayaan LED yang memastikan cahaya lebih terang saat berkendara di malam hari. Desain lampu utamanya keren dan mengesankan kecanggihan serta eksklusifitas. Pada lampu belakang (tailight) memakai teknologi LED yang membentuk huruf “X”, sehingga memberikan efek pencahayaan menjadi lebih terang dan stylish.

PCX e:HEV memiliki pijakan kaki yang luas, sehingga kita bisa berselonjor kaki saat mengendarainya. Di bawah tempat duduk ada bagasi sangat luas yang bisa untuk tempat 1 helm full face. Untuk kapasitas bahan bakar mencapai 8,1 liter.

Fitur yang tergolong canggih salah satunya adalah sistem penguncian keyless yang diberi nama Smart Key System. Pengendara tidak perlu menggunakan kunci konvensional untuk menghidupkan mesin ataupun membuka jok.

All New PCX juga memiliki panel meter Full Digital yang memiliki desain futuristik, yang menampilkan beragam informasi saat berkendara, seperti Smart Key Indicator, Oil Charge Indicator, ABS Indicator, Lithium Battery Indicator dan Riding Mode.

Baca juga: Info Honda Jambi, Intip Keseruan HVC Jambi Jajal All New Honda Vario 160

Fitur Riding Mode layaknya Honda CBR250RR. Tersedia tiga pilihan Riding Mode atau mode berkendara yang terdiri dari D (Drive Mode), S (Sport Mode), dan Idling Mode. Setiap mode yang dipilih akan mempunyai peran penting untuk mengatur performa PCX HEV.

“Perlukah khawatir terhadap perawatannya? nah masyarakat Jambi tidak perlu khawatir, dikarenakan teknisi Honda sudah mendapatkan pelatihan untuk perawatan sepeda motor ini, dan juga disarankan kepada pengguna motor ini untuk melakukan perawatan sesuai dengan kartu perawatan berkala dan dilakukan di Bengkel Resmi Sepeda Motor Honda atau yang sering disebut dengan AHASS,” ujar Erfinando.

Sinsen memasarkan All New Honda PCX e:HEV dibanderol dengan harga Rp 42.645.000. ( Tribunjambi.com / M Yon Rinaldi ).

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved