Gempa Pasaman Barat

Balita Turut Jadi Korban Meninggal Dunia Gempa Pasaman Barat

Seorang balita turut menjadi korban menggal dunia akibat gempa Pasaman Barat.Adapun jumlah korban luka-luka yang dirawat di puskesmas tersebut tercata

Editor: Deddy Rachmawan
TRIBUN JAMBI/IST
Salah satu bangunan yang rusak dampak gempa Pasaman Barat. Korban yang meninggal dunia di Puskesmas Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman menjadi 4 orang. 

TRIBUNJAMBI.COM, PASAMAN – Seorang balita turut menjadi korban menggal dunia akibat gempa Pasaman Barat.

Data ini  yang terdata sementara di Puskesmas Ladang Panjang, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Di sini tercatat 4 orang meninggal dunia akibat gempa Pasaman Barat.

"Korban yang meninggal dunia terdiri atas satu balita usia 5 tahun, satu orang remaja, satu orang dewasa dan serta satu orang lansia," ungkap Kepala Puskesmas Ladang Panjang, Ismail sebagaimana dikutip dari TribunPadang.com, Jumat (25/2/2022).

Adapun jumlah korban luka-luka yang dirawat di puskesmas tersebut tercatat sebanyak 32 orang. Empat orang di antaranya karena luka berat harus dirujuk ke RSUD Pasaman.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati saat konferensi pers, mengatakan kekuatan gempa Pasaman Barat dimutakhirkan menjadi M 6,1.

Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman, berbatasan langsung dengan pusat gempa yang berada di Kabupaten Pasaman Barat.

Dwikorita Karnawatimembeberkan gempa bumi yang terjadi pukul 08.32 WIB ini merupakan jenis tektonik. "Gempa ini berjenis kerak dangkal akibat aktivitas sesar aktif atau patahan aktif sesar besar Sumatera," katanya.

Sedangkan di Pasaman skala Intensitas guncangan berkisar 5 MMI artinya getaran ini dirasakan semua penduduk bahkan membangunkan orang apabila sedang tidur.

"Guncangan serupa juga dirasakan di Agam, Bukittinggi dan Padang Panjang dengan Intesitas 4 MMI artinya ini banyak dirasakan oleh orang yang berada dalam rumah," sebutnya.

Baca juga: Gempa Terjadi, BMKG Jambi Sampaikan Sinyal Telekomunikasi Berpotensi Gangguan

Baca juga: BMKG Jambi Sampaikan Efek Gempa di Sumbar Terasa Getaran di Jambi, Ibnu: Tetap Waspada

Ibnu Sulistyono, Kepala BMKG Stasiun Metereologi Klas I Sultan Thaha Jambi menyampaikan telah terjadi gempa bumi dengan parameter sementara kekuatan  6.2 SR.

Baca juga: Gempa Terasa di Jambi, Berpusat di Timur Laut Pasaman Barat

"Gempa terjadi pada pukul 08:39 WIB pada detik ke 29, dan tidak berpotensi tsunami," jelasnya, Jumat (25/2/22) melalui WhatsApp.

Sebenarnya lokasi gempa berada di Northern Sumatra, Indonesia.

Kejadian tepatnya 17 km Timur Laut Pasaman Barat-Sumatera Barat, 20 km Barat Laut Pasaman-Sumatera Barat.

Dan 51 km Barat Laut Agam-Sumatera Barat

141 km Barat Laut Padang- Sumatera Barat, serta 1035 km Barat Laut-Jakarta.

Terjadi pada 0.15 Lintang Utara, 

99.98 Bujur Timur, kedalaman 10 Km.

Sumber: Tribun Padang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved