Launching Tribun Bengkulu

Pembangunan Tol Bengkulu Ciptakan Peluang Investasi Berbagai Sektor

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai pembangunan infrastruktur menjadi kunci

Editor: Fifi Suryani
TRIBUN SUMSEL/ABRIANSYAH LIBERTO
Iustrasi: Pembangunan jalan tol. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo menilai pembangunan infrastruktur menjadi kunci membangkitkan destinasi wisata.

Kemudahan akses membuat wisatawan semakin mudah bergerak. "Apalagi bagi wisatawan keterbatasan fisik dan keluarga dengan anak kecil yang membutuhkan kenyamanan dan kemudahan dalam berwisata," ucap Angela dalam talkshow nasional Tribun Network dengan tema

Mendorong Percepatan Tol Bengkulu, Tingkatkan Investasi dan Pariwisata, Kamis (24/2/2022).

Angela mengatakan pembangunan infrastruktur terutama di lima destinasi super prioritas merupakan komitmen pemerintah sebagai pemicu investasi lainnya di sektor parekraf secara nasional.

"Contohnya seperti pembangunan akses tol Bengkulu yang akan menciptakan opportunity untuk berbagai investasi lainnya karena memudahkan transportasi dan jasa," imbuh dia.

Angle juga berharap keberadaan Tol Bengkulu - Taba sepanjang 17,6 kilometer dapat mensejahterakan ekonomi daerah dan masyarakat setempat.

Dari kacamata sektor pariwisata kemudahan akses yang dihadirkan oleh Tol Bengkulu ini semestinya dapat meningkatkan jumlah wisatawan dan potensi investasi. 

"Mulai dari investasi di amenities hotel berbintang sampai homestay. Investasi di atraksi serta pengalaman pariwisata seperti events dan kegiatan wisata alam," mbuh Angela.

Begitu juga investasi di produk-produk ekonomi kreatif dari makanan sampai kerajinan tangan.

Angela mengimbau para investor agar memperhatikan tren pariwisata dan ekraf pasca pandemi mulai dari pemanfaatan teknologi dari pembayaran non tunai, pariwisata story telling dan fokus pada pelayanan yang berkualitas. 

Pemerintah daerah juga perlu menjaga tata kelola destinasi terutama dalam menjaga kebersihan kesehatan keamanan, dan keberlanjutan lingkungan atau CHSE.

"Tujuannya supaya wisatawan tidak hanya sekali datang tapi berulang kali datang mengajak sanak saudara untuk menikmati alam Provinsi Bengkulu," tutur putri Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo ini.

Seyogyanya, pembangunan pariwisata bagi suatu daerah akan meningkatkan kunjungan yang masuk ke daerah tersebut sehingga akan ada perputaran ekonomi yang lebih besar bermanfaat tidak hanya sektor parekraf tapi ke sektor lainnya.

Angela menambahkan pembangunan pariwisata perlu direncanakan dengan matang, dilakukan dengan serius dan dengan kacamata jangka panjang.

"Semoga dengan kualitas dan unsur keberlanjutan sektor parekraf di provinsi bengkulu bisa menjadi magnet bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara pasca pandemi," harapnya.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved