Berita Merangin

Pertama di Jambi, Desa Sekancing Kabupaten Merangin Jadi Kampung Restorative Justice

Desa Sekancing, Kecamatan Tiang Pumpung menjadi desa pertama di Provinsi Jambi yang ditetapkan Kejati Jambi sebagai Kampung Restorative Justice.

Tribunjambi/darwin
Desa Sekancing, Kecamatan Tiang Pumpung, Kabupaten Merangin menjadi desa pertama di Provinsi Jambi yang ditetapkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi sebagai Kampung Restorative Justice. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Desa Sekancing, Kecamatan Tiang Pumpung, Kabupaten Merangin menjadi desa pertama di Provinsi Jambi yang ditetapkan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi sebagai Kampung Restorative Justice.

Peresmian yang berlangsung di Balai Adat Desa Sekancing oleh Kajati Jambi, Sapto Subrata, dihadiri Bupati Merangin, Mashuri, Kajari Merangin, Raden Roro Theresia Tri Widorini dan Ketua DPRD Merangin, Herman Effendi.

Menurut Kajati, diresmikannya Desa Sekancing tersebut atas dukungan Pemerintah Kabupaten Merangin dalam hal ini Bupati Mashuri.

"Kita berharap nanti semua desa di Kabupaten Merangin ini bisa menjadi Kampung Restorative Justice," ujar Kajati.

Desa Sekancing merupakan desa percontohan Kampung Restorative Justice di Kabupaten Merangin. Nanti desa-desa lainnya akan mencontoh Desa Sekancing.

Dijelaskan Sapto bahwa tidak semua persoalan langsung diselesaikan dengan hukum negara, tetapi bisa dibicarakan secara adat kampung.

Untuk itu melibatkan tokoh adat, tokoh agama, untuk bersama-sama menyelesaikan masalah tersebut.

"Apabila ada permasalahan bisa diselesaikan di kampung, sehingga kondisi kampung bisa tenang dan harmonisasi. Kalau kondisinya sudah demikian, maka pembangunan akan mudah dilakukan," katanya.

Di Desa Sekancing menurut Kajati banyak orang-orang hebat yang tercipta dari suasana kampung yang harmonis, seiyo sekato. Salah satunya orang hebat di Desa Sekancing itu adalah, Al Haris yang sekarang menjadi Gubernur Jambi.

"Kalau ada masalah yang panjang dipendekan, masalah yang pendek dihilangkan. Dengan kondisi kampung yang harmonis itu, akan semakin banyak orang-orang hebar seperti Pak Al Haris yang akan lahir di kampung ini," pintanya.

Bupati Merangin, Mashuri merasa bersyukur dan berterimakasih ke Kejati Jambi yang telah menetapkan Desa Sekancing Merangin menjadi Kampung Restorative Justice pertama di Provinsi Jambi.

"Ini merupakan kehormatan bagi kami warga Merangin dan saya sangat mengapresiasi sekali terbentuknya Kampung Restorative Justice ini. Di Merangin ada sebanyak 205 desa dan 10 kelurahan, mudah-mudahan semua akan jadi Kampung Restorative Justice," harap Bupati.

Desa Sekancing terang bupati, merupakan desa kelahiran Gubernur Jambi, Al Haris yang memegang teguh adat-istiadat.

"Mudah-mudahan desa tersebut akan semakin harmonis seiyo sekato dan akan banyak lagi menciptakan orang-orang hebat," tandas Bupati.

Baca juga: 72 Pejabat Dilantik di Merangin Semalam, Inilah Beberapa Nama-namanya

Baca juga: Razia Alat Berat, Polres Merangin Temukan Satu Unit Excavator PETI di Nalo Gedang

Baca juga: Sidak Toko dan Agen, Mashuri Ungkap Penyebab Kelangkaan Minyak di Merangin

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved