Cak Imin Usul Pemilu 2024 Diundur, Punya Tiga Alasan Kuat untuk Jokowi

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengusulkan agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diundur satu sampai dua tahun. 

Tribunnews/Jeprima
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengusulkan agar pemilu 2024 ditunda. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, mengusulkan agar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 diundur satu sampai dua tahun. 

Cak Imin beralasan agar momentum pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19 selama dua tahun tidak hilang akibat diadakannya Pemilu.

"Saya usulkan Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun, agar momentum perbaikan ekonomi ini tidak hilang dan tidak terjadi freeze untuk mengganti stagnansi selama dua tahun," terang Cak Imin di DPR RI, Rabu (23/2/22).

Menurutnya, Pemilu yang rencananya diselenggarakan pada Februari 2024 dapat mengganggu prospek pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca Covid-19

Padahal, kata dia, akan banyak momentum pemulihan ekonomi selama dua tahun ke depan setelah terjadi stagnansi ekonomi selama dua tahun akibat pandemi. 

"Momentum ini tidak boleh diabaikan, yang baik-baik ini tidak boleh diabaikan. Saya melihat tahun 2024 Pemilu yang rencananya kita laksanakan bulan Februari itu jangan sampai prospek ekonomi yang baik itu terganggu karena Pemilu," kata Ketua Umum PKB itu.

Baca juga: Bukan Prabowo, Ganjar Atau Anies, 38,8 Persen Masyarakat Pilih Tokoh Ini Jadi Presiden 2024

Lebih lanjut, Cak Imin memaparkan setidaknya ada tiga alasan mengapa dia mengusulkan agar Pemilu 2024 diundur. 

Pertama, saat Pemilu dilakukan akan terjadi pembekuan karena pelaku ekonomi akan wait and see sehingga menghentikan agresivitas ekonomi. 

"Kedua, transisi kekuasaan pemerintah mengakibatkan ketidakpastian ekonomi sehingga mengganggu momentum yang sangat bagus pasca G20 ini," katanya. 

Ketiga, dia mengkhawatirkan terjadinya eksploitasi konflik saat masa Pemilu. 

"Dari seluruh masukan itu saya usulkan Pemilu 2024 ditunda satu atau dua tahun," kata dia.

Baca juga: Elektabilitas Jenderal Andika Perkasa Melejit, Ungguli Erick Thohir, Mahfud MD dan Puan Maharani

Cak Imin mengatakan, ia akan menyampaikan usulan ini kepada pimpinan-pimpinan partai lain, termasuk kepada Presiden Joko Widodo

Berita ini telah tayang di Kompas.tv

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved