Pendidikan Membentuk Karakter Anak Tidak Kalah Penting

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, meskipun hingga kini masih ada yang beranggapan bahwa pendidikan tidak begitu penting bagi anak.

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Ignatius Anargy Yuanatha Sokya (13). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, meskipun hingga kini masih ada yang beranggapan bahwa pendidikan tidak begitu penting bagi anak.

Namun menurut smart mom Anin Karespati (39) atau yang kerap disapa mom Anin, untuk Ignatius Anargy Yuanatha Sokya (13) pendidikan sangat penting baik pendidikan formal maupun non formal yang sama pentingnya, 

"Bagi saya pendidikan formal sangat penting bagi anak-anak, tidak semua hal ibu mampu mengajarkannya dan itu ada yang bisa didapat dari sekolah," jelasnya.

Pembelajaran yang didapat di sekolah tidak hanya materi-materi pembelajaran, tetapi juga berbagai hal, mulai dari bersosialisasi, cara menyelesaikan masalah dan banyak hal lainnya.

Selain pendidikan formal yang menurut mom Anin penting, pendidikan non formal yang turut membentuk karakter anak juga tidak kalah penting.

"Selain pendidikan formal, saya arahkan untuk punya skill lainnya, saya punya anak dua kakaknya musik, yang satunya suka di olahraga khususnya beladiri. Saya bimbing untuk dalami dan tekuni, lakukan dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati, dan anak-anak bisa pakai ini untuk berprestasi," tambahnya.

Namun meskipun begitu, tidak dapat dihindari ketika anak merasakan bosan dan mager dengan karakter anak yang berbeda-beda, cara mengatasi yang juga berbeda, mom Anin terus berikan pemahaman pada anak.

"Mager itu memang penyakit yang sangat umum, namun untuk anak-anak memang saya lebih ke pengertiannya, saya mengatakan waktu tidak bisa di ulang dan mereka punya masa depan yang harus digapai, dan untuk menggapai itu tidak instan, tapi memang harus rintis dari sekarang," lanjutnya.

Mom Anin selalu menegaskan, jika menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa meniti masadepan lebih baik, dan banyak hal positif yang bisa dilakukan sekarang.

Menanamkan nilai-nilai kehidupan kepada anak juga sangat penting, support anak di luar sekolah non formal juga menjadi fokus, dimana mom Anin selalu mengajarkan harus punya skill dan kemampuan lain selain nilai akademis.

"Disamping nilai akademik yang bagus, mereka juga harus punya skill, kemampuan lain selain nilai akademis. Hukum-hukum kehidupan juga di ajarkan, agar mereka besar tidak bertumbuh dengan tubuhnya yg besar saja tapi juga mereka punya kemampuan yang semakin besar, kemampuan berfikir, kemampuan untuk menilai kehidupan dan hal-hal seperti itu," ucapnya.

Mom Anin juga tak luput menyampaikan harapannya untuk anaknya dan juga ia selalu menekankan sukses tidak selalu tentang uang.

"Setiap orang tua berharap anak-anak nya sukses begitu juga dengan saya, sukses dalam kehidupannya. Saya selalu bilang sukses itu ketika kamu bisa meraih apapun yang kamu mau jadi bukan hanya sekedar kaya atau kedudukan tinggi. Tapi ketika kamu punya mimpi dan kamu bisa meraih itu, dan itu juga sebuah kesuksesan. Bisa berguna dan membuat orang di sekitar bahagia itu juga kesuksesan," tutupnya. (Tribunjambi/adesw)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved