Berita Bungo

Penyelidikan Kasus Penipuan yang Dilakukan Warga Lubuk Landai Dihentikan, Ini Kata Kapolres Bungo

Polres Bungo hentikan penyelidikan kasus penipuan dilakukan NA pelaku warga Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal kepada kobannya bernama Yani.

Penulis: Sopianto | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
ist
Polres Bungo hentikan penyelidikan kasus penipuan dilakukan NA pelaku warga Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal kepada kobannya bernama Yani. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABUNGO - Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro didampingi Kapolsek Kota Muara Bungo IPTU Ivan menggelar mediasi penyelesaian perkara menuju keadilan atau Restorative Justice terkait penipuan dilakukan NA terlapor warga Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal kepada kobannya bernama Yani (34) Jumat (4/2/2022)

Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro saat di konfirmasi kan Minggu (6/2/2022) membenarkan hal tersebut.

Ia menjelaskan, Informasi diperoleh, awalnya pelaku NA ingin membeli cincin emas di toko Yani di pasar Bawah Muara Bungo.

Pada saat itu, pelaku melihat cincin emas yang ada di toko itu dan sempat dipegang pelaku, saat pemilik toko lengah cincin emas asli ditukar dengan yang imitasi oleh pelaku.

AKBP Guntur Saputro mengatakan, aksi pelaku ketahuan setelah dirinya kembali ke toko emas milik Yani. Karena ketika ditimbang cincin yang dipegang oleh NA sebelumnya beratnya sudah berkurang beratnya.

Dikatakan AKBP Guntur Saputro, awalnya pelaku ingin membeli cincin emas yang sudah ia pegang, pada saat itu pelaku menukar cincin emas asli dengan cincin imitasi yang sudah dipersiapkan oleh pelaku.

Tentu pemilik toko curiga, kok setelah dipegang oleh pelaku cincin emas yang asli timbangan berkurang

“Awalnya pelaku ini tidak jadi membeli cincin di toko Yani, tapi terlapor setelah pergi, kembali lagi ke toko meminta agar harga cincin itu dikurangi. Namun sang pemilik toko sudah mengetahui modus pelaku, akhirnya pelaku dilaporkan ke polsek Muara Bungo,” ujar Guntur.

Dikatakannya, setelah menerima laporan kemudian mengamankan pelaku itu.
Sebelum masa penangkapan 1×24 jam. Polres Bungo bergerak cepat mengambil langkah progresif memperhatikan aspek kemanusiaan serta kemanfaatan hukum dengan menggali lebih dalam niat dan maksud serta motif pelaku penipuan itu.

“Setelah terkuak motif dan niat serta tujuan awal pelaku Penyidik Polsek Muara Bungo menggelar mediasi serta upaya penyelesaian di luar Pengadilan, dengan menghadirkan pihak korban serta pelaku untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dan memberi kepastian hukum dengan menerbitkan ketetapan penghentian penyidikan,” tutupnya.

Baca juga: Puluhan Pemuda di Bungo Ikut PKD GP Ansor

Baca juga: Pemerintah Kurang Respon, Wartawan di Bungo Gotong-royong Tambal Jalan Berlubang

Baca juga: Keluarga Menangis, Atok Dihukum 36 Hari Atas Kasus Perusakan Mobil PT KBPC Bungo

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved