Rumah Kreatif Merangin, Melatih Emosi Lewat Seni Rupa

Melihat potensi anak dalam seni rupa Alhendra akhirnya mendirikan Rumah Kreatif Merangin (RKM).

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Darwin
Alhendra Daulay, Pendiri Rumah Kreatif Merangin (RKM) menunjukkan contoh lukisan anak di sanggar untuk tingkat TK dan SD. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Kembangkan bakat anak Merangin di bidang seni rupa dan melatih emosional anak dengan bergabung dalam Rumah Kreatif Merangin

Melihat potensi anak dalam seni rupa serta dukungan orang tua yang menginginkan adanya wadah mengembangkan kretivitas anak, Alhendra akhirnya mendirikan Rumah Kreatif Merangin (RKM).

Alhendra menyebutkan bahwa mendirikan RKM didasari hobinya di seni rupa dan pindah dari Kota Jambi ke Merangin tahun 2000 dengan diawali mengajar di salah satu SD.

Saat itu orang tua melihat dan menginginkan adanya wadah bagi anak dalam mengembangkan bakatnya, sehingga tahun 2006 lalu Alhendra mulai mendirikan RKM.

Setelah proses panjang, akhirnya pada tahun 2009 mendapatkan akta notaris dan hingga saat ini terdiri dari empat pengasuh dan menamatkan ribuan orang.

"Sekarang pengasuh di Rumah Kreatif Merangin ada empat orang dan anak yang aktif sekitar 30 orang. Kalau sejak berdiri sudah ada 1000 an orang," kayanya.

Untuk di RKM sendiri, dia mendidik anak mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat umum, baik kuliah.

Dari RKM sendiri telah melahirkan anak yang mampu bersaing di tingkat nasional mewakili Provinsi Jambi.

Sementara yang diajarkan mulai dari dasar melukis yakni mengenal garus dalam melukis, dilanjutkan pada bentuk dan warna.

"Untuk mampu tiga hal dasar seni rupa, mulai dari garis, bentuj dan warna dibutuhkan waktu sekitar tiga bulan," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved