Berita Merangin

Terkait IKN Pindah ke Kalimantan Timur, Pemkab Merangin Tunggu Aturan Terbaru

Pemerintah Republik Indonesia akan memindahkan Ibukota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang disampaikan Presiden Joko Widodo. 

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Rahimin
Tribunjambi/Darwin Sijabat
Sekretaris Daerah Merangin Fajarman. Terkait IKN Pindah ke Kalimantan Timur, Pemkab Merangin Tunggu Aturan Terbaru 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Pemerintah Kabupaten Merangin masih menunggu aturan terbaru terkait petunjuk teknis sebagai pedoman bagi daerah dalam rencana perubahan ibu kota negara

Pemerintah Republik Indonesia akan memindahkan Ibukota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur yang disampaikan Presiden Joko Widodo

Namun, terkait kantor perwakilan setiap daerah di ibu kota negara yang baru tersebut masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. 

Sekretaris Daerah Merangin Fajarman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Merangin belum mendapatkan surat dari pemerintah pusat terkait perubahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur

"Kita masih menunggu aturan lebih lanjut, mungkin nanti ada petunjuk teknisnya, aturan lain, termasuk nanti mengharuskan kita mempunyai (kantor) perwakilan di Ibukota negara yang baru," katanya.

Untuk itu, ia berharap dalam waktu dekat Pemerintah Republik Indonesia dapat memberikan aturan yang terbaru ke daerah. Sehingga, nantinya daerah siap memenuhi permintaan pusat dan tidak terkesan mendadak.

"Mudah mudahan dalam waktu dekat sudah ada petunjuk yang jelas, sehingga kita mau melakukan sesuatu sudah dipersiapkan. Jangan sampai nanti nanti tahun depan dilakukan, hari ini diberitahu. Tentu kita akan tertinggal," ujarnya.

Dengan demikian pemerintah daerah akan mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh negara di IKN yang baru.

Sebab untuk perubahan tersebut dikatakan Fajarman membutuhkan biaya yang cukup besar dalam pemindahan fasilitas dari Jakarta ke Kalimantan. 

"Kita perlu mempersiapkannya, karena biaya yang dibutuhkan tidak sedikit untuk membangun suatu perwakilan di calon Ibukota yang baru ini," katanya.

Dengan peraturan tersebut diungkapkan Fajarman, akan dijadikan sebagai pedoman bagi pemerintah daerah untuk memberikan terbaik di IKN.

Baca juga: PAD Merangin Menurun, Fajarman Soroti Porsi Dana Perimbangan dan Ketidakmampuan OPD Mendongkrak

Baca juga: Nusantara Nama Ibu Kota Baru Dinilai Sejarawan Mewakili Arogansi dan Jawa sentris

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved