Izin Bermasalah dan Tak Taat Pajak, Perusahaan di Pamenang Merangin ini akan Ditutup 

Satu perusahaan yang berada di Kecamatan Pamenang akan ditutup Pemerintah Kabupaten Merangin lantaran izinnya bermasalah dan tidak taat pajak.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Rara
Ilustrasi penutupan sementara. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Satu perusahaan yang berada di Kecamatan Pamenang akan ditutup Pemerintah Kabupaten Merangin lantaran izinnya bermasalah dan tidak taat pajak.

Rencana penutupan itu muncul usai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merangin menggelar rapat bersama OPD terkait membahas masalah perusahaan bernama PT Graha Cipta Bangko Jaya yang beralamat di Desa Karang Anyar Kecamatan Pamenang Barat, Senin (24/1/2022) lalu.

Rapat tersebut berlangsung di Ruang Banggar DPRD Merangin. Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Merangin, Herman Efendi dihadiri OPD terkait, seperti Dinas Perizinan, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas LH dan instansi terkait lainnya. 

"Rapat itu menindaklanjuti hasil hearing kami dengan PT Graha Cipta Bangko Jaya yang pernah kita lakukan beberapa waktu lalu. Intinya, yang kita lihat Perusahaan ini adalah perusahaan yang tidak mengindahkan aturan yang ada," ujar ketua DPRD.

Menurutnya, perusahaan tersebut tidak berniat baik untuk mengurus pembaharuan atau perpanjangan izin yang seharusnya sudah diperbarui. 

Tidak hanya itu, ternyata perusahaan itu juga diketahui tidak membayar pajak apapun kepada Pemkab Merangin, terhitung dari 2016 hingga sekarang.

"Informasi dari BPPRD (Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah) bahwa dari 2016 sampai 2021 ini mereka tidak pernah membayar pajak atau retribusi sekecil apapun dan di bidang apapun," terangnya. 

Meskipun sekarang PT Graha itu Take Over ke Mentari Group, tapi mereka tetap tidak menyelesaikan semua administrasi, seperti perbaruan izin dan juga membayar pajak

"Take Over itu sah, tak ada larangan. Namun mereka tidak melakukan perpanjangan izin dan membayar pajak, kita sudah pernah memanggil pihak PT Graha untuk menyelesaikan itu, tapi tidak mereka lakukan," tambahnya. 

Maka hasil rapat memutuskan akan menutup sementara perusahaan tersebut sampai bisa menunjukan izin terbarunya sesuai dengan aturan saat ini. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved