Belajar dari Gempa Banten, Ini yang Harus Dilakukan Jika Saat Berkendara Terjadi Gempa dan Tsunami

Bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Sumur, Banten pada Jumat (14/1/2022). 

NET
Ilustrasi gempa 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA- Wilayah Kecamatan Sumur, Pandeglang, Baten diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,7 pada Jumat (14/1/2022). 

Getaran gempa tersebut bahkan terasa sampai wilayah di sekitar Jabodetabek hingga Bandung dan Sukabumi.

Lantas bagaimana jika saat gempa terjadi, Anda sedang mengemudi atau berada di dalam mobil? Apa yang harus dilakukan?

Jusri Pulubuhu, pengamat keselamatan berkendara dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyarankan untuk melakukan hal ini saat gempa dan tsunami terjadi, seperti dilansir dari NTMC Polri:

1. Perhatikan Lingkungan

Saat sedang mengemudi, seringkali getaran yang dihasilkan akibat gempa bumi tidak terasa karena bersamaan dengan getaran mesin dan laju kendaraan, sehingga kemungkinan risiko terjebak di mobil bisa terjadi.

Di sini gejala atau datangnya gempa bumi dapat dilihat dari riuhnya orang-orang yang menyelamatkan diri. 

Apabila gejala tersebut sudah terlihat, maka pengemudi serta orang yang ada di dalam mobil wajib mengetahui keadaan yang sebenarnya terjadi.

2. Tetap Tenang

Jusri menyarankan Anda tetap tenang untuk menghindari terjebak di mobil.

Melihat orang berlarian menyelamatkan diri, otomatis pasti akan ada rasa panik. Apalagi jika sedang mengemudi atau berada di dalam mobil. 

Disarankan, saat yang lain dalam keadaan panik, Anda tetap tenang dan jangan ikutan panik agar dapat berpikir logis dan memperhitungkan apa yang akan terjadi.

Jusri memisalkan, jika datangnya gempa bumi, dan Anda baru saja masuk mobil yang terparkir di basement, sebaiknya bergegas meninggalkannya dan evakuasi diri keluar dari tempat tersebut. 

Jika tidak sempat, cari tempat berlindung. Dikhawatirkan jika tetap berada di dalam dan terjebak di mobil, Anda akan tertimpa reruntuhan bangunan.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved