Breaking News:

Berita Jambi

2021 Laporan Kasus Kekerasan pada Perempuan dan Anak Meningkat Jadi 133 Laporan

Berita Jambi-Selama 2021, UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Provinsi Jambi mencatat jumlah laporan kasus kekerasan

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Nani Rachmaini
Tribunjambi/Monang
Kepala UPTD PPA Provinsi Jambi, Esi Novrini 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Selama 2021, UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Provinsi Jambi mencatat jumlah laporan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak meningkat dari 2020.

UPTD PPA Provinsi Jambi mencatat terdapat 133 laporan kekerasan terhadap perempuan dan anak pada 2021 yang mana sebelumnya di 2020 ada 128 laporan.

Kepala UPTD PPA Provinsi Jambi, Esi Novrini mengatakan penyebab peningkatan kasus ini tak lain tak bukan karena pandemi Covid-19.

Menurutnya dengan adanya wabah ini, segala aktivitas menurun dan membuat perekonomian keluarga menjadi menurun.

"Kemudian juga aktivitas anak di sekolah yang dibatasi turut mempengaruhi peningkatan kasus di 2021 kemarin," katanya, Sabtu (15/1/2022).

Yang paling kontras adalah kasus kekerasa seksual pada anak. Katanya pada 2020 terdapat 3 kasus yang kemudian pada 2021 ini melonjak drastis menjadi 55 kasus.

"Rata-rata yang kami temui di lapangan adalah diakibatkan adanya sekolah daring dari sekolah. Sehingga membuat anak-anak belajar di luar sekolah dan sulit terpantau," ungkapnya.

"Alasan belajar bersama teman-teman disalah gunakan anak-anak sehingga terjadi kekerasan seksual kepada sesama atau bahkan melakukan seks bebas," tambahnya.

Kemudian pada kasus kerasan pada perempuan, yang tampak melonjak peningkatannya adalah penelantaran dari pasangan.

Ia mengungkapkan kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil saat pandemi, membuat sebagian besar suami di rumahkan atau bahkan di PHK.

"Kemudian dari permasalahan ekonomi ini terjadilah penelantaran, seperti suami tak lagi memberi nafkah, kemudian meningkat ke percekcokan dalam rumah tangga. Lalu juga dari cek ceok itu naik dan terjadi pemukulan dan sebagainya," katanya.

Sebagai informasi, pada 2019 terdapat 125 laporan ke UPTD PPA Provinsi Jambi. Kemudian pada 2020 terdapat 128 laporan dan 2021 meningkat menjadi 133 laporan.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Baca juga: Kasus Kekerasan dan Pelecehan pada Anak di Kota Jambi Meningkat pada 2021

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved