Breaking News:

Vaksinasi di Tanjabtim

Pelaksanaan Vaksinasi Booster di Tanjabtim Diawali Untuk Lansia

Berita Tanjabtim-Pemerintah secara resmi memberikan izin untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau (booster) secara gratis.

Penulis: Abdullah Usman | Editor: Nani Rachmaini
ABDULLAH USMAN/TRIBUNJAMBI.COM
Pelaksanaan Vaksinasi Booster di Tanjabtim Diawali Untuk Lansia 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Pemerintah secara resmi memberikan izin untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau (booster) secara gratis.

Dinas Kesehatan Tanjabtim pada tahun ini akan melakukan vaksinasi booster terhadap lansia, Jumat (14/1/2022).

Dalam pelaksanaan vaksinasi booster tersebut tentunya tidak mudah dan terdapat beberapa kendala yang terbilang kompleks di lapangan, di mana persoalan tersebut kerap memperlambat capaian vaksinasi booster tersebut.

Terkait hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Ernawati menuturkan, terkait pelaksanaan vaksinasi booster (tahap Tiga) di Tanjabtim memang belum semua (secara umum) dilaksanakan.

"Untuk vaksinasi tahap tiga di Tanjabtim memang belum bisa kita lakukan, namun untuk lansia sudah bisa dilakukan dan dalam waktu dekat ini kita lakukan, " ujarnya.

Lanjut Erna, hal tersebut dikarenakan memang dalam syarat untuk pelaksanaan vaksinasi tahap tiga ini ada beberapa kriteria dan aturan. Karena hingga saat ini vaksinasi lansia belum mencapai 60 persen.

"Dalam pelaksanaannya kita langsung tidak ada launching. Tinggal menyesuaikan sesuai vaksinasi sebelumnya, jika vaksin ke dua jenis sinovac maka vaksin ke tiga juga jenis yang sama," jelasnya.

Untuk ketersedian stok sendiri, sejauh ini masih aman terutama untuk jenis vaksin Sinovak dan Moderna.

Sementara untuk vaksinasi booster untuk masyarakat umum, di luar lansia masih menunggu hasil capaian vaksinasi lansia kedepan hingga mencapai 60 persen.

Jika capaian lansia sudah lebih 60 persen baru untuk kalangan lainnya bisa dilakukan.

"Untuk lansia sendiri tinggal 1,4 persen lagi yang harus dikejar targetnya, " tambahnya.

Terkait masih adanya masyarakat yang enggan untuk vaksin, beberapa langkah yang mungkin dapat dilakukan oleh dinas Kesehatan di antaranya dengan cara pendekatan secara kekeluargaan mengingat lansia memang butuh pendekatan dalam pelaksanaannya. (usn)

Baca juga: Menikmati Makan Siang Ala Pondok Persawahan Kini Ada di Tanjabtim

Baca juga: Polda Jambi dan Jajaran Gerak Cepat Laksanakan Vaksinasi Booster Untuk Lansia

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved