Breaking News:

Berita Merangin

Gubernur Al Haris Imbau Petani Porang Merangin Jangan Hanya Jual Mentah, Ciptakan Hilirisasinya

Berita Merangin-Gubernur Jambi, Al Haris minta masyarakat Merangin dan Petani Porang Merangin ciptakan hilirisasi tanaman Porang

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Nani Rachmaini
DARWIN SIJABAT/TRIBUNJAMBI
Al Haris di acara pengukuhan Asosiasi Petani Porang Merangin (APPM), Tanam Perdana dan Panen Porang di Desa Langling, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jumat (14/1/2022). 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Gubernur Jambi, Al Haris minta masyarakat Merangin dan Petani Porang Merangin ciptakan hilirisasi tanaman Porang, sehingga dapat bernilai ganda.

Hal itu disampaikan usai pengukuhan Asosiasi Petani Porang Merangin (APPM), Tanam Perdana dan Panen Porang di Desa Langling, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jumat (14/1/2022).

Al Haris mengatakan bahwa tanaman Porang merupakan bagian dari komoditas pertanian yang belakangan kian booming di tanah air dan luar negeri.

Sehingga dengan potensi tersebut bahwa tanaman yang dapat dibudidayakan di sela tanaman lain dikatakan Al Haris berpotensi dikembangkan di Bumi Tali Undang Tambang Teliti.

Sebab Kabupaten Merangin memiliki lahan pertanian yang cukup luas.

"Yang penting hari ini kita melihat pasarnya, saya khawatir nanti ketika Porang sudah mulai booming, pembelinya susah.

"Maka saya pesankan tolong hilirasasinya kita ciptakan, ada turunannya, tidak hanya kita jual mentahnya," ujarnya.

Turunan yang dimaksud Al Haris yakni produk dari Porang yang dapat langsung dimanfaatkan masyarakat, baik seperti makanan dan lainnya. Jika hal itu tercipta, maka menurutnya Porang akan bernilai ganda.

Sementara menunjang pembudidayaan itu, Al Haris mengatakan dapat menggunakan pupuk organik. Sedangkan untuk produksi, mantan Bupati Merangin dua periode itu mengatakan akan memberikan bantuan kepada petani.

Mewakili Bupati Merangin, Fajarman selaku Sekretaris Daerah mengatakan bahwa prospek tanaman porang ke depannya sangat menjanjikan.

"Sebagian baru menjajaki dan sebagian sudah menikmati hasil dari tanam porang di Kabupaten Merangin. Tanaman porang ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Mudah-mudahan melalui tanaman porang ini mengangkat nama Kabupaten Merangin," ujarnya.

Fajarman mengungkapkan bahwa dalam mendukung pembudidayaan tanaman porang itu, Pemkab Merangin telah menyediakan sejumlah anggaran.

Sehingga kedepannya, dengan tanaman porang ini diharapkan dapat mendukung mewujudkan visi misi Merangin yakni Unggul di Bidang Pertanian dan Pariwisata tahun 2023.

Untuk diketahui, tanaman Porang di Kabupaten Merangin telah dibudidayakan sejak Agustus 2021 lalu. Bahkan terdapat Petani yang telah memanen porang seberat 5 ton dari 3000 Batang dengan luasan lahan kurang dari setengah hektare. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Baca juga: Petani Tanam Mandiri, Dinas TPHKP Tebo Belum Miliki Program Pertanian Porang

Baca juga: Kisah Sukses Petani Porang, Bisa Pesta Pora dari Hasil Panen, Hasilnya Menggiurkan

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved