Breaking News:

Orang Tua Pasien Bibir Sumbing di Rumah Sakit DKT Jambi Bahagia Anaknya Telah Jalani Operasi

Rasa bahagia bercampur sedih perasaan Meimora Yuliana Pane, ibu dari Vina Hanina (3) peserta operasi bibir sumbing gratis di RS DKT

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Tribunjambi/Fitri Amalia
Antrean pasien bibir sumbing di Rumah Sakit Dr Bratanata Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Rasa bahagia bercampur sedih perasaan Meimora Yuliana Pane, ibu dari Vina Hanina (3), peserta operasi bibir sumbing gratis di Rumah Sakit Dr Bratanata Jambi. Saat ditemui Tribunjambi.com di ruang rawat inap, Meimora tengah menimang Vina yang tengah tertidur sehabis menangis. Hari itu Vina menjalani operasi bibir sumbing.

Vina satu di antara 40 peserta yang menjalani operasi bibir sumbing di RS. Dr. Bratanata atau RS DKT baru-baru ini.

Meimora bercerita dia mendapat informasi operasi gratis bibir sumbing dari teman suaminya di tempat kerja. Mendapat info tersebut dia mencoba mendaftar ikut program tersebut.

"Setelah operasi ya perasaannya campur aduk sedih juga senang juga, ikut nangis karena lihat dia (Vina) nangis tapi sekarang Alhamdulillah udah operasi jadi senang," ujarnya.

Hal yang sama juga diutarakan Lia, orangtua dari Ana Febriansyah yang ikut program operasi bibir sumbing gratis. Ini operasi Palato kedua bagi Ana.

Lia mendengar ada program ini dari salah satu yayasan di kota Jambi dan langsung mendaftar.

"Senang anak udah operasi, sedihnya nggak tega liat dia nangis abis operasi," katanya.

dr. Pritha spesialis bedah plastik menjelaskan penyebab bibir sumbing pada anak. Di antaranya kekurangan asam folat, vit B6, zinc, obat-obatan yang mengganggu perkembangan pembentukan janin seperti obat epilepsi/kejang, radiasi sinar berbahaya, merokok dan konsumsi alkohol.

Anak yang memiliki bibir sumbing dapat dioperasi pada umur 3 bulan, agar anak bisa segera mampu ngedot atau makan dengan baik sehingga gizinya terpenuhi.

Tetapi bagi anak yang sumbing langit atau celah pada langit-langit mulut dapat dioperasi diusia 1 tahun untuk mengakomodasi saat anak belajar bicara.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved