Breaking News:

Berita Batanghari

64 Persen Warga BatangharI Petani, Fadhil dan Bakhtiar Sediakan Sewa Alat Berat Murah, Bantu Bibit

Berita Batanghari-Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief dan Wakil Bupati Bakhtiar tahun ini, bakal fokus menjalankan program kerja

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
MUSAWIRA/TRIBUNJAMBI.COM
Muhammad Fadhil Arief 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief dan Wakil Bupati Bakhtiar tahun ini, bakal fokus menjalankan program kerja sesuai visi misi yang disampaikan kepada masyarakat.

Diketahui 64 persen penduduk di Batanghari ini sumber penghasilannya dari petani dan hampir semuanya petani kelapa sawit.

“Kita ada program sewa alat berat murah, jadi petani yang ingin menggarap lahannya itu akan membayar alat berat separuh dari harga pasaran. Misalnya sewa alat berat sebesar Rp 3 juta, kita hanya Rp 2 juta. Mudah-mudahan dengan ini masyarakat bisa membuka lahan dengan baik,” kata Muhammad Fadhil Arief Bupati Batanghari pada Kamis (13/1/2022).

Selain itu, Fadhil mengatakan pada tahun ini, Pemkab Batanghari bakal sediakan bibit sawit bersubsidi. Setidaknya ada 93 ribu batang akan dialokasikan kepada kelompok tani.

“Silahkan bentuk kelompok tani dan kita pastikan bibit ini bibit yang baik. Menurut ilmu kalau bibit tidak bagus maka sawitnya tidak besar hasilnya,” ujar Bupati Batanghari.

Orang nomor satu di Batanghari itu mengaku kebun sawit yang ia punya, baru saja dilakukan replanting, diusianya berbilang cukup produktif.

“Kebun sawit saya umurnya 5 tahun. Kebetulan kebun saya dilewatin PT Asian Agri dan saya kenal manajernya. Dia bilang kebun saya bibitnya tidak jelas,”

“Saya juga berpikir, kenapa 7 hektare hasilnya hanya dua ton. Kalau dipupuk, sudah dipupuk, ternyata bibitnya tidak jelas dan saat ini sudah saya tumbang mumpung saya punya kekuatan, diganti dengan bibit yang jelas,” ucapnya.

Sementara itu, untuk tanaman karet yang tua dan tidak produktif serta ekonomis lagi. Pihaknya telah berbicara bersama PTPN VI.

“Jika masyarakat tidak mampu lagi, kita carikan mitranya yang sanggup. Tinggal bagaimana kepala desa mengumpulkan warganya kalau memang beralih ke kebun sawit kita siapkan mitra dan perusahaan yang menjadi mitranya tinggal pola nya disepakati,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Penerapan Waktu Operasional Timbulkan Kemacetan, Fadhil: Pengusaha Sewa Lahan untuk Parkir Armada

Baca juga: Bentuk Tim Dari Pemda Batanghari, Fadhil Arief Percepat Pengurusan Sertifikat Tanah

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved