Breaking News:

Berita Tanjabtim

Pemerintah Kabupaten Tanjabtim Cadangkan Rp 4 Miliar untuk Anggaran Covid-19 Tahun 2022

Pemerintah Kabupaten Tanjabtim telah mencadangkan anggaran penanganan Covid-19 pada pos Belanja Tidak Terduga (BTT) lebih kurang sebesar Rp 4 Miliar t

istimewa
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pemerintah Kabupaten Tanjabtim telah mencadangkan anggaran penanganan Covid-19 pada pos Belanja Tidak Terduga (BTT) lebih kurang sebesar Rp 4 Miliar tahun 2022, Rabu (12/1/2022).

Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Kabupaten Tanjabtim, Nusirwan mengatakan, bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 tahun 2021 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2022, pemerintah kabupaten atau kota masih diperintahkan untuk menganggarkan untuk penanganan Covid-19.

"Jadi kita telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4 Miliar yang kita masuk dalam biaya tidak terduga (BTT) untuk cadangan penanganan Covid-19," katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Namun sampai dengan saat ini, lanjut Nusirwan, Pemkab Tanjabtim belum tahu pasti anggaran penanganan Covid-19 itu digunakan untuk apa saja. Maka dari itu, anggaran Rp 4 Miliar itu belum bisa digunakan dan masih dicadangkan.

"Anggaran itu masih dicadangkan, bukan berarti sudah bisa digunakan. Kita belum tahu kebutuhannya apa saja, apa yang harus dibelanjakan dan apa yang harus disiapkan," jelasnya.

Setelah ada petunjuk dan arahan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah nanti harus melakukan perubahan mendahului APBD terlebih dahulu. Artinya, Peraturan Dalam Negeri Nomor 27 tahun 2021 itu sudah menjadi landasan Pemerintah Daerah untuk melakukan perubahan mendahului.

"Didalam Permendagri itu sudah diatur kalau kita bisa melakukan perubahan mendahului dalam rangka penanganan Covid-19," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika anggaran yang telah dicadangkan kurang dari kebutuhan, Pemerintah Daerah tidak bisa langsung memenggal dari kebijakan anggaran yang sudah final. Artinya, Pemerintah Daerah menunggu perintah yang sifatnya edaran dari Pemerintah Pusat.

Baca juga: Jalan Penghubung Sabak Barat ke Sabak Timur Masih Menumpang, Ini Tanggapan Pemerintah Tanjabtim

Baca juga: Kemacetan di Tanjabtim Jebak Sopir Hingga 3 Hari, Terpaksa Mandi dan Tidur di Antrean

Baca juga: Bibit Pinang Lokal Super Tanjabtim Sudah Dilirik Hingga Ke Provinsi Tetangga

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved