Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Hidup sebagai Anak Allah yang Berhak Atas Janji Allah

Bacaan ayat: Roma 8:15 (TB) Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadi

Editor: Suci Rahayu PK

Hidup sebagai Anak Allah

Bacaan ayat: Roma 8:15 (TB) Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: "ya Abba, ya Bapa!"

Oleh Pdt Feri Nugroho

Budak, ach... Untunglah perbudakan sudah dihapuskan. Tetapi mungkin saja perbudakan masih ada; entah memperbudak orang lain secara terselubung atau mempunyai mental sebagai budak.

Budak artinya antek, jongos, hamba atau orang gajian. Dalam makna yang demikian, budak selalu berada pada posisi dikuasai oleh pihak lain.

Dalam catatan Perjanjian Lama, kehidupan sebagai budak sudah menjadi hal yang lumrah. Perbudakan terjadi pada pihak yang kalah dalam peperangan.

Sebagai tanda penaklukan maka pihak yang kalah akan ditawan dan dijadikan sebagai budak. Seringkali mereka diperlukan tidak adil.

Tindakan semena-mena biasa mereka alami. Bahkan diperjualbelikan di pasar budak sudah menjadi pemandangan yang umum.

Ada juga budak karena membayar hutang, atau karena kemiskinan beberapa orang memilih menjadi budak. Mereka hidup ditekan, ditindas sekehendak tuannya.

Cacian, hinaan, kekerasan menjadi makanan sehari-hari.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved