Breaking News:

Kabar Gembira Bagi Petani Merangin, Pemerintah Akan Replanting 5.000 Ha Kebun Sawit Tahun Ini

Pemerintah menargetkan peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting seluas 5.000 hektar di Kabupaten Merangin pada 2022.

Penulis: Darwin Sijabat | Editor: Teguh Suprayitno
tribunjambi/heri
Seorang petani sawit sedang memanen 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Pemerintah menargetkan peremajaan kebun kelapa sawit atau replanting seluas 5.000 hektar di Kabupaten Merangin pada 2022.

Kofrawi, Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Merangin mengatakan untuk mendapatkan bantuan dari program replanting tersebut, kelompok tani atau gabungan kelompok tani (Gapoktan) bisa mengusulkan ke Dinas Perkebunan. 

"Untuk tahun 2022 nanti Pemerintah pusat menargetkan sebanyak 5.000 hektare program replanting di Merangin," kata Kofrawi.

Jika dibandingkan dengan tahun 2021, target program replanting di Merangin tahun ini bertambah 1.000 hektare. 

"Tahun 2021 target replanting di Merangin 4.000 hektare, sedangkan realisasinya 2.800 hektar lahan lebih, dan itu capaian tertinggi di Provinsi Jambi," ujarnya. 

Sementara untuk besaran anggaran yang diterima per hektare sebesar Rp 30 juta, yang bersumber dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPD PKS).

Baca juga: 3 Orang Tewas di Merangin, Jasa Raharja Jambi Gerak Cepat Beri Santunan

"Meski capaian kita diangka 50 persen, pemerintah pusat sudah menganggap bahwa target sudah mencapai 100 persen, dan Merangin capaiannya tertinggi di Provinsi Jambi, selain kelompok tani, Gapoktan juga bisa mengusulkan replanting, minimal 50 hektar per kelompok tani atau Koperasi Unit Desa (KUD)," terangnya. 

Menurut Kofrawi, BPD PKS tidak hanya fokus pada program replanting, tapi juga menyasar sarana prasarana dan bidang sosial lainnya. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Baca juga: Stok Vaksin Moderna Kadaluarsa Bulan Ini, Pegawai Pemkot Jambi Diminta Lakukan Booster

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved