Breaking News:

Ini Daftar 7 Konsesi Perusahaan di Jambi yang Izinnya Dicabut KLHK

Pemerintah pusat mencabut izin sektor kehutanan dengan luasan jutaan hektare. Setidaknya tujuh perusahaan di Jambi ikut terdampak.

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
Ilustrasi-lahan konsesi perusahaan di Tanjabtim terbakar. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah pusat mencabut izin sektor kehutanan dengan luasan jutaan hektare. Tujuh perusahaan di Jambi ikut terdampak.

Dari surat Keputusan Menteri Linkungan Hidup dan Kehutanan RI menyebutkan, selama periode September 2015 hingga Juni 2021 tercatat 42 izin dengan seluas 812.796,93 Ha (hektare).

Kemudian yang dicabut terhitung mulai 6 Januari 2022 sebagaimana ditetapkan dengan Keputusan ini, sebanyak 192 izin perusahaan dengan luas 3.126.439,36 Ha.

Selanjutnya pihak kementerian akan melakukan evaluasi dan penertiban izin usaha terhadap 106 perusahaan, yang luas konsesinya mencapai 1.369.567,55 Ha.

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Penggunaan Kawasan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Edmon mengatakan, dari surat keputusan menteri terebut ada tiga perusahaan yang mengelola hasil hutan yang terdampak dari keputusan menteri tersebut.

"Ada PT Arangan Hutani Lestari, PT Dyera Hutan Lestari, dan PT Limbah Kayu Utama. Tiga perusahaan itu memang mengelola kayu yang ada di hutan," ungkapnya, Jumat (7/1/2022).

Ia menjelaskan untuk periode pencabutan di September 2015 hingga Juni 2021 terdapat dua perusahaan, yakni PT Arangan Hutani Lestari seluas 9.400 ha dan PT Dyera Hutan Lestari  8.000 ha.

"Sementara untuk PT Limbah Kayu Utama dari surat itu akan dilakukan evaluasi perizinannya. Untuk luasannya sendiri ada 19.300 Ha," jelasnya.

Baca juga: Lahan Rawan Karhutla di Kumpeh Ulu, Diambil Alih TNI-AD, Ini Kata Dinas Kehutanan Jambi

Dirinya mengatakan untuk pencabutan izin dari PT Dyera Hutan Lestari sudah dilakukan dari pihak kementerian sejak 2015 lalu.

"Itu kemarin karena kasus lahan mereka terbakar. Jadi langsung dari kementerian pasca kejadian itu langsung dicabut," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved