Breaking News:

Berita Jambi

Gubernur Al Haris Ajak Generasi Muda Jambi Cintai Budaya dan Seni Tradisi Nenek Moyang

Berita Jambi-Pada Malam Keagungan Melayu Jambi 2022, Gubernur Provinsi Jambi Al Haris didampingi Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM
Malam Keagungan Melayu Jambi 2022, bertemakan The Hidden Paradise Culture From Jambi, Adat di Junjung Budayo di Sanjung. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada Malam Keagungan Melayu Jambi 2022, Gubernur Provinsi Jambi Al Haris didampingi Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini agar kita tidak melupakan adat budaya kita, seni-seni tradisi yang dibangun sejak nenek moyang dahulu.

"Perkembangan zaman, ilmu pengetahuan akan sangat mudah sekali kita melupakan tentang apa yang sudah menjadi tradisi keturunan nenek moyang kita dari dulu, oleh karena itu tentu acara ini dengan tujuan kita kembali merakit nilai-nilai adat dan budaya yang merupakan ciri khas melayu Jambi yang sudah ada sejak dahulu kala, yang hari ini masih hidup dan masih dilestarikan oleh warga masyarakat di desa-desa walaupun banyak yang sudah meninggal dunia tapi ada ahli warisnya, Saya berharap acara ini tidak hanya seremonial belaka tapi ini murni menghargai karya-karya orang-orang tua kita yang dulu luar biasa menciptakan sesuatu," ujarnya.

Al Haris juga mengajak seluruh generasi muda Jambi mencintai budaya dan seni tradisi yang telah dimiliki masyarakat melayu Jambi dari jaman dahulu.

"Saya mengajak kita semua generasi muda Jambi, mari kita cintai budaya-budaya seni tradisi yang sudah ada ini, paling tidak kalaupun kita tidak bisa menciptakannya paling tidak kita bisa menghargainya melestarikannya," sebutnya.

Malam Keagungan Melayu Jambi 2022, bertemakan The Hidden Paradise Culture From Jambi, Adat di Junjung Budayo di Sanjung.

Acara ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun pada HUT Provinsi Jambi. Kegiatan ini adalah sebuah penghargaan bagi budaya kita.

Malam keagungan melayu ini dihadiri oleh Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Bupati/Walikota beserta wakil se-Provinsi Jambi, para maestro, pelaku budaya dan pelaku seni, Kepala OPD dan Forkopimda lainnya.

Pada malam ini diserahkan penghargaan seni dan maestro kepada tiga seniman yakni Sumardi DS. yakni tokoh seni yang banyak mendedikasikan karyanya dalam bentuk monumen patung maupun karya seni rupa di Jambi. Kedua Zainuddin, selaku tokoh maestro seni tradisi dari Tanjung Jabung Barat beliau merupakan pewaris musik kelintang perunggu dan Edi Dharma, seorang juara dunia di bidang kartunis. Dia banyak meraih prestasi dan memperkenalkan budaya Jambi melalui media yang ditekuninya yakni kartun.

Penerima penghargaan malam ini Edi Darma mengatakan bersyukur atas penghargaan yang diraihnya.

"Saya bersyukur kepada Tuhan YME dan pemerintah provinsi Jambi yang memberikan anugerah selaku generasi muda Jambi pengerak senirupa. Walau saya sudah merah juara dunia kartun yang ke 10 dan sebanyak 5 juara nasional ternyata pemerintah provinsi Jambi (Gubernur Jambi ) memantau dan memberi perhatian atas rekam jejak dan pengalaman saya dalam mengikuti contest kartun internasional selama ini," ujarnya

Pada malam ini maestro seni tale ibu Tino Mariam diberi penghargaan nasional atas dedikasinya terhadap kesenian lisan tale. Dia lahir di Kerinci, 1 Juli 1954.

"Tino Mariam sudah tampil di banyak tempat dan beliau dipilih menerima penghargaan karena lisan tale. Tale merupakan nyanyian rakyat yang pada umumnya disampaikan seorang pergi haji, dan ibu Tino Mariam petale yang masih mewariskan tale kepada generasi muda, kami memilih maestro di atas usia 60 tahun jadi usia yang memang sudah lanjut," ujar Ketua Tim Ahli Penilaian Anugerah Kebudayaan Indonesia Kategori Maestro Seni Tradisi, Riantiarno. (*)

Baca juga: 65 Tahun Provinsi Jambi di Bawah Kemimpinan Gubernur Al Haris dan Wagub Abdullah Sani

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved