Breaking News:

Daerah

Warga Desa Jati Emas Tangkap Buaya Muara Pakai Jaring

Seekor buaya muara yang ditangkap warga di Desa Jati Emas, Kecamatan Bramitam, kini sudah dibawa ke Tempat Penyelamatan Satwa (TPS) BKSDA Jambi.

Penulis: Danang Noprianto | Editor: Hendri Dunan
Tribunjambi/Danang Noprianto
Warga Desa Jati Emas Kecamatan Bram Itam berhasil menangkap buaya muara sepanjang 1,5 meter menggunakan jaring 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Seekor buaya muara yang ditangkap warga di Desa Jati Emas, Kecamatan Bramitam, kini sudah dibawa ke Tempat Penyelamatan Satwa (TPS) Badan Konservasi Seumberdaya Alam (BKSDA) Jambi.
Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Desa Jati Emas, Mizan yang mengatakan buaya tersebut telah dibawa pihak BKSDA pada Rabu (5/1) malam. "Sudah dibawa BKSDA tadi malam bang," ucapnya, Kamis (6/1).
Sebelumnya, seekor buaya muara berukuran lebih kurang 1,5 meter berhasil ditangkap warga RT 2, Dusun Teladan, Desa Jati Emas, Kecamatan Bramitam. Penangkapan ini dikatakan Mizan karena buaya tersebut telah masuk ke parit kecil Anak Sungai Bramitam di kebun warga dekat pemukiman sehingga dianggap meresahkan.

Baca juga: Warga Sungai Gelam Geger Temukan Buaya Muara 4 Meter di Sungai Dekat Pemukiman

Dikatakan Mizan, buaya tersebut sering muncul di Sungai Bramitam yang memang menjadi habitatnya. Mizan mengatakan masuknya buaya ini diduga karena terbawa arus banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.
"Buaya itu kemarin masuk waktu musim banjir. Sebelumnya belum pernah ada masuk buaya di wilayah tersebut," jelasnya.
Penangkapan buaya sendiri dilakukan oleh warga pada Selasa (4/1) malam hari.
"Proses penangkapannya kemarin masyarakat warga RT 02 Dusun Teladan beramai ramai menangkap menggunakan alat seadaanya berupa jaring," jelasnya.

Baca juga: Warga Pengabuan Tanjabbar Heboh Buaya Muara Muncul di Jalur Aliran Parit

"Buayanya digiring masuk parit kecil lalu ditangkap dengan jaring," tambahnya.
Koordinator TPS BKSDA Jambi, Syahroni saat di konfirmasi mengatakan bahwa pihaknya telah mengamakan seekor buaya hasil konflik warga di Sungai Bramitam, Tanjabbar.
"Ini sudah kami amankan (buaya) sepanjang 2 meter, ini sudah muncul di pemukiman dan perkebunan warga jadi ditangkap sama warga," ujarnya saat di konfirmasi melalui sambungan telepon.
Ia mengatakan bahwa Sungai Bramitam merupakan wilayah home ring atau habitat buaya muara.

Baca juga: Geger, Warga Sekernan Temukan Buaya Muara Mengambang di Sungai Batanghari

"Kalau sudah masuk perkampungan dan kebun warga tentu berbahaya, kami mengimbau kepada masyarakat untuk saat ini jangan dahulu mandi atau beraktivitas di sungai, Karena dimungkinkan masih ada beberapa buaya disana," ujarnya
Untuk saat ini ia mengatakan buaya tersebut akan dirawat dahulu, dan direncanakan dirilis namun masih mencari lokasi yang tepat.
Ia mengatakan dalam sebulan terakhir TPS BKSDA Jambi telah menerima 2 buaya hasil konflik dengan warga, dari wilayah Kecamatan Catur Rahayu, Tanjabtim dan Kecamatan Bramitam, Tanjabbar.

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved