Breaking News:

Berita Batanghari

Bupati Fadhil Arief Minta Support ke Gubernur Jambi Untuk Tingkatkan Hasil Panen Sawah Hingga Sawit

Berita Batanghari-Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief curhat ke Gubernur Jambi dimomen Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi ke-65

Penulis: A Musawira | Editor: Nani Rachmaini
MUSAWIRA/TRIBUNJAMBI.COM
Bupati Fadhil Arief 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN-Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief curhat ke Gubernur Jambi di momen Hari Ulang Tahun Provinsi Jambi ke-65 pada Kamis (6/1/2022).

Curhatan Muhammad Fadhil Arief ke Gubernur Jambi mengenai bidang pertanian supaya bisa mendongkrak perekonomian di Jambi.

Ada beberapa sektor pertanian yakni perkebunan, tanaman pangan, peternakan dan perikanan agar linier dengan kebutuhan masyarakat di Provinsi Jambi.

“Kita minta support dari Pemprov Jambi untuk bidang pertanian. Kita yakin dengan visi misi gubernur sudah masuk, tapi intervensinya akan lebih jelas untuk Kabupaten Batanghari,” kata Fadhil Arief.

Masalah pertanian di Provinsi Jambi ini lahannya sudah mulai terbatas dengan jumlah tanah yang tidak bertambah dan jumlah penduduk yang semakin bertambah hal ini membuat jadi tidak optimal. Apalagi jika datang investasi baru maka kepemilikan lahan ini akan berkurang.

Fadhil Arief bilang bagaimana caranya lahan yang berkurang ini hasilnya tetap besar dengan mengoptimalkan produksinya, maka turut jadi perhatian bersama.

Ia sebut masih banyak temui lahan yang tidak produktif, misalnya ada sawah dengan luas 1 hektare hanya menghasilkan 2 ton, idealnya itu menghasilkan 8 ton.

“Saya temui kelapa sawit masyarakat yang ditanam secara swadaya itu hanya menghasilkan 3-5 kwintal dalam satu bulan dan perhektare. Ini juga belum optimal, yang seharusnya 3 ton, ini perlu solusi yang lebih komprehensif sehingga nanti kesejahteraan masyarakat memang linier dengan luasan lahan yang mereka miliki,” katanya.

Jangan sampai dengan luasan lahan 5 hektare tapi hidup masyarakat tidak sejahtera masih menerima bantuan BPNT karena hasilnya tidak optimal tadi.

Bupati mengharapkan pada pimpinan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur saat ini menjadi lebih baik dan lebih cepat serta lebih sinkron bersama Pemerintah kabupaten dan kota.

“Kita tahu regulasi memaksa rancangan yang dibuat kabupaten dan kota itu harus sinkron bersama Pemprov, tapi ini kan masih normatif tidak begitu linier dengan program-program yang ada. Kita yakin gubernur dan wakil gubernur bisa membuka ruang untuk itu,” ujarnya.

Orang nomor satu di Batanghari ini mengajak Pemprov Jambi dan kabupaten/kota bisa melangkah bersama dengan memainkan perannya masing-masing supaya bisa memaksimalkan perannya untuk kemajuan Provinsi Jambi.

“Kita yakin Jambi menjadi daerah yang meningkat kebahagiannya karena Jambi menjadi satu di antara tempat tinggal yang bahagia di Indonesai ini,” pungkasnya. (*)

Baca juga: Provinsi Jambi HUT ke 65 Tahun, Fadhil Arief: Tantangan ke Depan Makin Kompleks

Baca juga: Persoalan Angkutan Batu Bara, Bupati Batanghari Sudah Usulkan Jalan Simpang Bukit Paku ke Gubernur

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved