Breaking News:

Berita Jambi

Pemprov Jambi Berencana Jadikan Sungai Batanghari Jalur Alternatif Angkutan Barang dan Penumpang

Pemerintah Provinsi Jambi saat ini memiliki Rencana Induk Transportasi Sungai (RITS) Batanghari dari Kementerian Perhubungan RI.

MONANG/TRIBUNJAMBI.COM
Plt Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Ismed Wijaya 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi saat ini memiliki Rencana Induk Transportasi Sungai (RITS) Batanghari dari Kementerian Perhubungan RI.

Plt Kepala Dinas Perhubungan, Ismed Wijaya mengatakan, dokumen RITS Batanghari ini dibuat oleh Kementerian Perhubungan RI dan menjadikan ini acuan bagi Pemprov Jambi dalam membangun terkait transportasi sungai ke depannya.

"Dalam dokumen itu Kementerian Perhubungan memberikan panduan apa apa saja yang harus dipenuhi untuk mengembangkan transportasi sungai. seperti pembangunan terminal khusus, halte sungai, dermaga pelabuhan, dan lainnya," ungkapnya, rabu (5/1/2022).

Tak kalah penting, pengerukan Sungai Batanghari juga harus dilakukan ke depan. Katanya kondisi tingkat kedangkalan dari sungai ini cukup tinggi.

"Maka perlu kita upayakan untuk pengerukan sungai yang dilakukan rutin nantinya," katanya.

Tentu dengan adanya transportasi sungai di Jambi ke depannya akan ada jalur alternatif untuk angkutan penumpang maupun barang nantinya.

Ismed mengatakan, kondisi jalur darat saat ini sangat padat. Sehingga padat, rawan kecelakaan, dan sering mengalami kemacetan.

"Langkah kita secepatnya dari dokumen RITS ini untuk Pemprov melakukan pembangunan di sektor sungai. Dengan adanya ini kita harus menyiapkan regulasi turunan dibawahnya, yakni Perda Penyelenggaraan Perhubungan," jelasnya.

Ia mengatakan saat ini peraturan tersebut sedang digodok oleh DPRD Provinsi Jambi. Serta diharapkan 2022 dapat disahkan.

"Diharapkan pada awal 2022 ini dapat disahkan, dan setelah itu kita akan melakukan langkah-langkah berikutnya seperti menggandeng pihak ketiga atau swasta untuk dilibatkan dalam pembangunan rencana ini," pungkasnya.

Baca juga: Gubernur Jambi Ingin Sungai Batanghari Kembali Pada Fungsi Jalur Transportasi

Baca juga: Abrasi Tebing Sungai Batanghari di Desa Pulau Kayu Aro Makin Mengkhawatirkan Warga Sekitar

Baca juga: Wilayah Muarojambi Mulai Digenangi Banjir Luapan Sungai Batanghari, Ketinggian Air Capai 13,87 Cm

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved