Breaking News:

Berita Jambi

Gubernur Jambi Ingin Sungai Batanghari Kembali Pada Fungsi Jalur Transportasi

Gubernur Jambi, Al Haris menginginkan Sungai Batanghari ke depannya dapat difungsikan menjadi jalur transportasi.

Tribunjambi/Monang Widyoko
Gubernur Jambi, Al Haris menginginkan Sungai Batanghari ke depannya dapat difungsikan menjadi jalur transportasi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi akan buat komitmen bersama untuk menjaga kelestarian dari Sungai Batanghari ke depannya.

Gubernur Jambi, Al Haris dalam hal ini menginginkan Sungai Batanghari ke depan dapat difungsikan menjadi jalur transportasi.

"Kami ingin memfungsikan lagi Sungai Batanghari itu menjadi jalur transportasi. Yang mana itu merupakan fungsi awal sungai ini pada zaman nenek moyang kita," ungkapnya, Rabu (5/1/2022).

Ia mengatakan akan terus mengampanyekan kepada masyarakat Jambi untuk merawat sungai ini agar dapat digunakan ke depannya menjadi jalur transportasi baik barang maupun penumpang.

Menurutnya Sungai Batanghari merupakan aset berharga yang perlu dijaga oleh masyarakt Jambi.

"Kami juga dari Pemprov Jambi sudah punya agenda untuk membersihkan Sungai Batanghari. Juga Menteri Perhubungan telah menyiapkan rencana induk transportasi Sungai Batanghari ke depan," katanya.

Al Haris menjelaskan pada 14 Februari nanti akan diresmikan Kampanye Gerakan Bersih Batanghari.

Direncanakan akan mengundang semua kepala daerah yang wilayahnya dilalui Sungai Batanghari untuk menandatangani pakta integritas.

"Saya undang para kepala daerah yang daerahnya dilalui Sungai Batanghari. Kita akan buat komitmen bersama dan ditandatangani untuk menjaga sungai-sungai itu dari pengaruh yang dapat merusak sungai. Seperti aktivitas PETI dan aktivitas lainnya," bebernya.

Menruutnya saat ini kondisi Sungai Batanghari masih tergolong baik. Angka mutu air sungai ini juga masih berada di bawah angka batas tidak sehat.

"Untuk saat ini kondisi baku mutu airnya masih bagus, yakni berada di peringkat 40-50. Jika lewat dari 50 sudah tidak sehat lagi," pungkasnya.

Baca juga: Massa 120 Siswa Tanpa Dapodik di SMAN 8 Kota Jambi Kembali Demo, Ketemu Gubernur Al Haris

Baca juga: Al Haris: Masyarakat Jambi Paling Bahagia se-Sumatera

Baca juga: Kasus Covid-19 di Jambi Melandai, Al Haris Minta Masyarakat Tetap Waspada

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved