Breaking News:

Berita Tanjabtim

Buaya Kerap Muncul di Sungai di Tanjabtim, BKSDA Imbau Warga Jangan Lakukan Ini

Buaya kerap muncul dan bermukim di anak sungai bahkan sungai besar di kawasan pesisir Tanjabtim memang masih lumrah terjadi.

Tribunjambi/Abdullah Usman
Buaya di Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Buaya kerap muncul dan bermukim di anak sungai.

Perwakilan KSDA Provinsi Jambi Sartono ketika dikonfirmasi Tribunjambi.com menuturkan, terkait kerap munculnya buaya di anak sungai bahkan sungai besar di kawasan pesisir Tanjabtim memang masih lumrah terjadi.

Menurutnya, buaya tersebut memiliki kawasan teritorial dan radius jangkauan. Selagi kawasan tersebut masih masuk kategori itu, tentu masyarakat masih bisa menjumpai buaya buaya tersebut muncul.

"Tidak hanya di sungai besar, bahkan di anak sungai pun jika masih dalam jangkauan dan teritorial mereka maka buaya tersebut bisa berada di situ, " ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, faktor kenapa buaya tersebut dapat sampai ke kawasan yang cukup jauh dari kawasan sungai yang memang terkenal sebagai habitat buat sendiri. Karena jika buaya sudah muncul di kawasan sungai besar berarti sungai tersebut sudah menjadi habitatnya.

Nah ketika buaya lain dijumpai di anak sungai ataupun sungai sungai galian primer, itu juga terbilang wajar. Karena anak sungai tersebut terhubung langsung dengan sungai besar yang menjadi habitat buaya, sehingga buaya tersebut bisa sampai ke ke kawasan anak sungai.

"Dari BKSDA sendiri sudah memberikan imbauan di beberapa titik yang rawan menjadi pintu masuk ataupun habitat buaya itu sendiri, " tuturnya.

Dalam imbauan tersebut, BKSDA meminta warga untuk tidak melakukan aktivitas lama di kawasan sungai, seperti mandi, buang air, atau membuahkan kotoran sisa olahan (isi perut ikan atau ayam) dan juga menjauhi area sungai pada jam tertentu.

"Intinya jangan sampai ada aktivitas atau tindakan yang dapat mengubah dang kemunculan buaya predator tersebut, " jelasnya.

Baca juga: Kerap Muncul dan Menyerang, Tahun 2021 Sudah 2 Kasus Buaya Serang Manusia di Tanjabtim

Baca juga: Nyaris Jadi Santapan Buaya, Ahmad Sempat Berjibaku Lawan Buaya hingga Akhirnya Selamat

Baca juga: BKSDA Jambi Evakuasi Buaya di Muarojambi ke Batanghari

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved