Breaking News:

Renungan Kristen

Renungan Harian Kristen - Yesus adalah Mesias, yang Diurapi oleh Tuhan

Bacaan ayat: Matius 16:16 (TB) Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup

Editor: Suci Rahayu PK
ist
Ilustrasi Yesus 

Yesus adalah Mesias, yang Diurapi oleh Tuhan

Bacaan ayat: Matius 16:16 (TB) Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!"

Oleh Pdt Feri Nugroho

Kata Mesias berasal dari bahasa Ibrani yang berarti 'yang diurapi oleh Tuhan'. Pengurapan tersebut dinampakkan dalam tindakan simbolis penuangan minyak diatas kepala, menjadi tanda bahwa yang bersangkutan dipilih oleh Tuhan secara khusus.

Raja Daud diurapi oleh Samuel sebagai tanda bahwa ia dipilih langsung oleh Tuhan untuk menggantikan Raja Saul yang telah ditolak oleh Tuhan.

Ritual pengurapan menjadi tindakan simbolik yang dilakukan untuk mengukuhkan keberadaan seorang yang dipilih oleh Tuhan.

Dengan pengurapan, yang bersangkutan memiliki legitimasi bahwa hidupnya berkenan kepada Tuhan dan mendapat tugas sesuai dengan jabatan yang diamanatkan kepadanya.

Dalam sejarah Perjanjian Lama, kata Mesias ditujukan secara khusus kepada orang-orang tertentu yang dianggap penyelamat yang dipilih Tuhan.

Para raja dan imam adalah orang-orang khusus yang mendapat mandat untuk menyatakan kehendak Tuhan melalui kepemimpinan sebagai raja dan ibadah ya g dilakukan dalam Bait Allah.

Bahkan Raja Koresy dianggap sebagai raja pilihan Tuhan meskipun ia bukan Raja Israel, karena melalui Koresy telah mengalahkan Babel dan mengijinkan umat Tuhan kembali ke Yerusalem untuk membangun Bait Allah yang telah dihancurkan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved