Breaking News:

Berita Tanjabbar

Dinas Kesehatan Tanjabbar Gencar Deteksi dan Pencegahan Penyebaran HIV/AIDS

Dinas Kesehatan Tanjabbar di tahun 2022 akan gencar melakukan kegiatan guna mendeteksi HIV/AIDS dan Mencegah penyebarannya di masyarakat.

TRIBUNJAMBI/DANANG
Penanggung Wasor HIV/AIDS bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P), Yundri 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Dinas Kesehatan Tanjabbar di tahun 2022 akan gencar melakukan kegiatan guna mendeteksi HIV/AIDS dan Mencegah penyebarannya di masyarakat.

Ada beberapa kegiatan yang sudah direncanakan Dinkes Tanjabbar selama tahun 2022.

"Saat ini ada mau sosilasiasi HIV ke sekolah sekolah SMA untuk melakukan pencegahan karena di Provinsi Jambi sudah banyak anak SMA yang terdeteksi, walaupun disini masih belum ada kita harus terus melakukan edukasi agar tidak ada kasus penyebaran di kalangan anak SMA karena pergaulan bebas," ujar Yundri, Penanggung Jawab Wasor HIV/Aids Dinas Kesehatan Tanjabbar, Senin (3/1/2022).

Yundri menambahkan dengan adanya Perda tentang HIV/AIDS di Tanjabbar, Dinkes kini sudah bisa melakukan sosialisasi dimanapun.

Kegiatan sosilasiasi yang dilakukan merupakan cara untuk mencegah penyebaran HIV/AIDS di masyarakat, sedangakan untuk mendeteksi pasien HIV/AIDS Dinkes juga akan melakukan berbagai cara.

"Untuk mendeteksi HIV/AIDS kita selalu melakukan screening kepada ibu hamil di setiap puskesmas ataupun rumas sakit, kemudian kita akan melakukan pengecekan di pelabuhan untuk kapal besar dari luar, dan kita juga akan melakukan pengecekan di lembaga pemasyarakatan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk pengecekan di pelabuhan dan di lapas akan dilakukan masing-masing 2 kali dalam setahun setiap 6 bulan.

Untuk di pelabuhan setiap pemeriksaan ditargetkan sebanyak 100 orang, sehingga total 200 orang, sedangkan untuk napi yang berjumlah 400 orang sehingga setiap pemeriksaan ditargetkan sebanyak 200 orang.

"Kemungkinan setelah bulan puasa nanti kita akan melakukan pengecekan, setelah itu selanjutnya beberapa bulan kemudian," ujarnya.

Selain itu Dinkes juga akan melakukan pemeriksaan piralum untuk pasien ktif HIV/AIDS untuk mendeteksi virusnya tidur atau aktif.

Baca juga: Dinkes Tanjabbar Deteksi Satu Pasien Baru Positif HIV/AIDS di Desember Kemarin

Baca juga: Tanjabbar Satu-satunya Kabupaten yang Memiliki Perda Tentang HIV/AIDS di Provinsi Jambi

Baca juga: Sepanjang Tahun 2021, Kasus HIV dan AIDS di Muarojambi Nihil, Ini Penjelasan Dinkes

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved