Breaking News:

TRIBUN TRAVEL

Berkesan, Berkunjung ke Candi Koto Mahligai dan Berfoto di Bawah Pohon Berumur Ratusan Tahun

Berita Jambi-Kompleks percandian Muarajambi merupakan situs percandian yang besar, memiliki luas 3.981 hektare yang berada di tepian sungai

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
Tribunjambi/Hasbi
Wisata Candi Muarojambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kompleks percandian Muarajambi merupakan situs percandian yang besar, memiliki luas 3.981 hektare yang berada di tepian Sungai Batanghari.

Situs bersejarah ini memiliki bangunan candi yang terdiri dari Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Kedaton, Candi Gumpung, Candi Gedong 1dan 2, Candi Astano, serta kolam Talaga Rajo.

Salah satu candi yang lokasinya agak berjauhan dengan lokasi candi lainnya yakni Candi Koto Mahligai.

Candi Koto Mahligai memiliki keunikan karena terletaknya di bagian paling barat Situs Kawasan Percandian Muara Jambi .

Candi Koto Mahligai terletak di sebelah barat Candi Kedaton dan dipisahkan oleh Sungai Terusan.

Candi Koto Mahligai masih terletak di komplek percandian Muarojambi. Candi ini terletak mengarah ke lalu lintas jalan menuju Tanjab Timur atau 900 meter dari Candi Kedaton, tepatnya Desa Danau Lamo, Kecamatan Marosebo, Kabupaten Muarojambi.

Atau pengunjung bisa menggunakan jalan setapak dari Candi Kedaton dan berjalan sekitar 30 menit. Selama menyusuri jalan setapak Anda akan disuguhkan pemandangan hamparan kebun karet dan kanal-kanal kuno yang masih dapat terlihat.

Candi Koto Mahligai belum dilakukan rehab atau pemugaran. Hampir seluruh bagian bangunan candi, kini hanya berupa reruntuhan menyerupai gundukan batu bata.

Setibanya di Candi Koto Mahligai, Anda akan disambut pohon raksasa yang tumbuh tinggi berjenis Pohon Sialang, atau disebut pohon kundu (Koompassia excelsa). Pohon Sialang ini tumbuh besar di sela-sela reruntuhan batu bata merah Candi Koto Mahligai di kompleks percandian Muarajambi.

Nah, pohon tua dan tinggi menjulang ini yang menjadi daya tarik orang untuk berswafoto di candi ini. wisata ke Candi Koto Mahligai dengan berfoto di Pohon Kundu tua bisa menjadi alternatif untuk menambah album foto dan perjalanan kamu di Muarojambi.

Usia pohon yang tumbuh besat ini secara pasti belum bisa diketahui, tapi jika dilihat dari keberadaan pohon tersebut itu usianya diperkiraan sekitar 100 tahunan.

Pohon Kundu atau pohon sialang tersebut diantaranya ada sembilan pohon besar yang tumbuh menjulang tinggi di Candi Koto Mahligai.

Suasana di lokasi candi tersebut cukup teduh karena pohon yang rindang dan lokasinya juga agak jauh masuk ke dalam jadi suasana disekitar candi hanya diramaikan bunyi burung, jangkrik, dan serangga lainnya.

Waktu tempuh dari kota Jambi menuju Candi Koto Mahligai sekitar setengah jam jika jalan lancar. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Koto Mahligai disarankan untuk menggunakan baju lengan panjang atau membawa lotion antinyamuk, jika ingin bawa perbekalan sendiri. Lebih mudah menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda menuju lokasi candi karena belum ada tempat parkir. (*)

Baca juga: Polisi Pastikan Wisatawan yang Berkunjung ke Candi Muara Jambi Sudah Divaksin

Baca juga: Wisatawan Ramai Kunjungi Candi Muara Jambi Namun Lokasi Parkir Kendaraan Kurang Tersedia

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved