Breaking News:

Berita Muarojambi

Abrasi Tebing Sungai Batanghari di Desa Pulau Kayu Aro Makin Mengkhawatirkan Warga Sekitar

Berita Muarojambi-Abrasi tebing Sungai Batanghari di Desa Pulau Kayu Aro, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi kini semakin mengkhawatirkan

Penulis: Hasbi Sabirin | Editor: Nani Rachmaini
(tribunjambi/ Hasbi Sabirin)
Abrasi Tebing Sungai Batanghari di Desa Pulau Kayu Aro Makin Mengkhawatirkan Warga Sekitar 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Abrasi tebing Sungai Batanghari di Desa Pulau Kayu Aro, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muarojambi kini semakin mengkhawatirkan masyarakat sekitar.

Sebab, longsornya semakin hari makin dekat dengan pemukiman dan lahan persawahan milik warga sekitar.

Meski sempat dibangun turap dan bronjong penyangga, namun abrasi terus terjadi akibat tingginya curah hujan dan kerap digenangi banjir Sungai Batanghari.

Sekretaris Desa Pulau Kayu Aro Ricky Aresta menyebut, saat ini longsor turap sepanjang 500 meter itu terus terjadi apalagi saat memasukkan musim penghujan saat air Sungai Batanghari ikut turun dan abrasi.

"Kami berharap kepada pemerintah dan pihak terkait untuk bisa membangun turap di titik rawan abrasi di desa kami, karena ini sudah mengkhawatirkan warga kami," kata Ricky Selasa (04/01/22).

Sementara anggota DPRD Provinsi Jambi komisi III DPRD Ivan Wirata yang tinjau kelokasi abrasi menyebut. Dirinya bersama pihak balai wilayah sungai sumatera sudah berkoordinasi untuk melakukan pembangunan turap penyangga di wilayah tersebut.

"Mengingat kondisi turap itu sudah membahayakan masyarakat dan lahan pertanian sawah milik warga setempat," sebut Ivan Wirata

Eris Hendra Buana perwakilan balai wilayah sungai sumatera wilayah 6 juga mengatakan pihaknya akan segera merealisasikan pembangunan turap di Desa Pulau Kayu Aro yang abrasi.

"Selanjutnya kami akan proses pembuatan desain bangunan sesuai kondisi daerah setempat, kami mengajak masyarakat setempat untuk mendukung dan sama-sama mengawasi saat pelaksana pembangunan turap nantinya," tutupnya.

(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Baca juga: Badan Jalan dan Pemukiman di Senaung Muarojambi Abrasi, Warga Terancam Ketakutan

Baca juga: Sudah 10 Tahun Warga Sungai Duren Bermukim di Bibir Sungai Batanghari Terancam Abrasi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved