Breaking News:

Banjir di Bungo

BREAKING NEWS Korban Banjir di Bungo Meningkat, Ribuan Rumah Terendam

Berita Bungo-Debit air sungai di Kabupaten Bungo terus meningkat. Akibatnya, jumlah daerah yang tergenang banjir menjadi bertambah.

Penulis: Muzakkir | Editor: Nani Rachmaini
MUZAKKIR/TRIBUNJAMBI.COM
Tahun baru, Puluhan Rumah di Bungo direndam Banjir, 2022. 

TRIBUNJAMBI.COM, BUNGO -- Debit air sungai di Kabupaten Bungo terus meningkat. Akibatnya, jumlah daerah yang tergenang banjir menjadi bertambah.

Sampai siang ini, setidaknya 13 kecamatan dari 17 kecamatan sudah direndam banjir. Kini tinggal tiga kecamatan yang tidak dilanda banjir, namun dua di antaranya mengalami tanah longsor.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BPBD Kabupaten Bungo, saat ini debit air terus meningkat dan beberapa daerah yang sebelumnya tidak terkena banjir, kini sudah terkena banjir.

"Data bertambah tiga kecamatan. Yakni Pasar Muaro Bungo, Bungo Dani dan Bathin II Babeko," kata Kepala BPBD Kabupaten Bungo Tobroni Yusuf, Senin (3/1/22).

Dikatakan Tobroni, tiga kecamatan ini merendam beberapa dusun. Untuk di Pasar Muaro Bungo, banjir merendam Jaya Setia, Tanjung Gedang, Batang Bungo dan Bungo Timur. Sementara untuk di Bungo Dani air menggenang di Sungai Pinang dan Talang Pantai.

Namun untuk Bathin II Babeko air menggenang di Tanjung Munanti dan Dusun Tuo Sepunggur.

Hingga kini, kata Tobroni banjir tersebut telah menggenangi 6.696 rumah dengan jumlah KK 6.697 dan 28.460 jiwa.

"Itu data sementara," katanya.

Bajir di Kabupaten Bungo telah terjadi sejak Sabtu (1/1) lalu. Banjir ini akibat tingginya intensitas hujan sehingga sungai yang ada di Kabupaten Bungo meluap.

Untuk evakuasi korban banjir, pemerintah dibantu TNI, Polri, Basarnas terjun langsung kelapangan. Mereka melakukan evakuasi korban banjir, terutama lansia dan warga yang sakit.

Mereka melakukan evakuasi dengan perahu karet. Terpantau Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro dan Dandim Bute juga ikut turun langsung berjibaku melakukan evakuasi korban banjir.

Tak hanya banjir, pada awal tahun 2022 ini dua daerah di Bungo juga diterjang tanah longsor. Yaitu di Bathin III Ulu dan Limbur Lubuk Mengkuang. Tanah longsor ini terjadi di belasan titik. (*)

Baca juga: Banjir di Awal tahun 2022, BPBD Bungo Catat 59 Rumah Terendam, Kemungkinan Masih Bertambah

Baca juga: BREAKING NEWS Tahun Baru, Puluhan Rumah di Bungo Terendam Banjir

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved