Breaking News:

Puluhan Pendaki Rayakan Tahun Baru di Gunung Kerinci

Selama tahun baru, tercatat ada 61 orang pendaki dan pencinta alam yang merayakan malam pergantian tahun 2021-2022 di Gunung Kerinci.

Penulis: Herupitra | Editor: Teguh Suprayitno
Istimewa
Pemandangan dari puncak Gunung Kerinci. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Selama tahun baru, tercatat ada 61 orang pendaki dan pencinta alam yang merayakan malam pergantian tahun 2021-2022 di Gunung Kerinci, gunung aktif tertinggi di Sumatra.

Petugas pos jaga Gunung Kerinci, Danuri menjelaskan, puncak pengunjung yang merayakan tahun baru terhitung sejak 29 hingga 31 Desember. Dimana pada tanggal 29 tercatat ada 30 pendaki, tanggal 30 ada 32 pendaki dan tanggal 31 hingga waktu pendaftaran ditutup pada pukul 14.00 Wib tercatat ada 29 pendaki.

Namun tidak semua pendaki tersebut berada di Gunung Kerinci, karena sejak tanggal 29 hingga 31 tercatat ada sebagian pendaki yang sudah turun, bahkan mencapai 35 orang.

“Selama masa pandemi Covid-19, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) juga membatasi jumlah pengunjung yang mendaki Gunung Kerinci yakni 50 persen dari kuota pendakian atau maksimal hanya 43 orang per hari," bebernya.

Dengan syarat ketentuan, pengunjung wajib melampirkan surat rapid tes antigen bagi yang belum divaksin. 

"Sedangkan bagi yang sudah divaksin wajib melampirkan kartu vaksin serta surat keterangan sehat dari dokter,” jelas Danuri.

Baca juga: Aturan Baru Pendaki di Gunung Kerinci Wajib Memakai Jasa Guide dan Porter

Baca juga: Gunung Kerinci dan 17 Gunung Api Lainnya di Indonesia Saat Ini Berstatus Waspada

Baca juga: Warga Kayu Aro Cemas Sungai Giri Mulyo Mendadak Meluap, BMKG Sebut Ada Getaran di Gunung Kerinci

Ia menyebutkan, pendaki yang saat ini berada di Gunung Kerinci berasal dari berbagai daerah, diantaranya dari Provinsi Lampung, Riau, Bengkulu, Jambi dan ada beberapa yang berasal dari pulau jawa.

“Berdasarkan hasil koordinasi bersama pihak pusat vulkanologi dan pengamatan aktifitas Gunung Kerinci, para pendaki dihimbau untuk tidak mendekati kawah gunung hingga radius 3 kilometer dari puncak atau cukup hingga salter 2,” tambahnya.(*) 

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved