Breaking News:

Berita Otomotif

Jangan Sampai Rusak, Ini Tips dan Trik Merawat Shockbreaker dari Honda Sinsen

Shockbreaker/Suspensi merupakan komponen atau part yang berfungsi sebagai peredam getaran atau goncangan

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Jangan Sampai Rusak, Ini Tips dan Trik Merawat Shockbreaker dari Honda Sinsen 

TRIBUNJAMBI.COM - Shockbreaker/Suspensi merupakan komponen atau part yang berfungsi sebagai peredam getaran atau goncangan antara sepeda motor dan jalan.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan fungsi shockbreaker tidak akan terlalu terasa saat berada di jalan yang halus atau rata, akan terasa apabila berkendara di jalan yang tidak rata dan bergelombang. Gaya pegas yang ditimbulkan oleh shockbreaker memberikan rasa nyaman saat kendaraan berjalan di jalan yang bergelombang atau tidak rata dengan meredam kejut yang terjadi.

Jika shockbreaker bermasalah atau tidak berfungsi maka akan dapat mengganggu kinerja kendaraan diakibatkan getaran dan guncangan yang terjadi sehingga pengendara merasa tidak nyaman.

“Jadi kali ini kami akan berbagi tips dan trik cara merawat shockbreaker agar tahan lama dan tetap memberikan kenyamanan saat berkendara sepeda motor” ujar Erfinando

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terhadap perawatan shockbreaker :

1. Jaga kebersihan shockbreaker
Biasakan mencuci sepeda motor secara teratur terutama bagian shockbreaker, karena kotoran yang menempel  pada shockbreaker dapat menyebabkan kerusakan/kebocoran yang akan memperlemah fungsi dari shockbreaker tersebut.

2. Hindari rute jalan yang tidak rata
Jika memungkinkan usahakan hindari jalan yang tidak rata, tetapi jika terpaksa melalui jalan yang tidak rata, bawa kendaraan secara perlahan sehingga beban yg diterima shockbreaker tidak terlalu berpengaruh.

3. Jangan ngebut di jalan yang tidak rata
Jika kendaraan dipacu dengan cepat dijalan yang tidak rata, maka getaran dan guncangan lebih berat dan mempengaruhi kinerja dari shockbreaker.

4. Jangan memasang aksesoris pada shockbreaker
Shocbreaker telah dirancang dan dibuat dari pabrikan sesuai standard kendaraan sehingga memasang akasesoris yang tidak perlu akan mempengaruhi dan mengganggu kinerja dari shockbreaker.

5. Perhatikan selalu kondisi tabung dan seal pada shock breaker
Jika kondisi kotor segera bersihkan dan jika mengalami kebocoran oli dari shockbreaker yang biasanya dikarenakan oli sealnya sudah haus atau rusak maka segera ganti seal olinya.

6. Selalu memperhatikan beban bawaan
Hindari membawa beban berlebihan di luar daripada spesifikasi beban yang mampu di bawa oleh kendaraan, dikarenakan dapat merusak shockbreaker karena beban berlebih yang diterima shockbreaker.

7. Ganti oli shockbreaker
ketika suspensi motormu sudah tidak prima, bisa jadi pegas yang ada di dalamnya sudah butuh diberikan oli lagi, jadi gantilah Oli suspensi sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

“Pastikan perawatan sepeda motor Honda anda selalu di AHASS ya! Karena sudah pasti accessories juga partnya original dan dalam penanganan mekanik ahli yang sudah tersertifikasi oleh PT Astra Honda Motor (AHM)” tutup Nando.*) 

Baca juga: Info Honda Jambi, New Honda Scoopy Dengan Tampilan Baru Telah Hadir di Jambi

Baca juga: Info Honda Jambi, Raih Doorprize, Sinsen Serahkan Satu Unit Motor Honda Genio

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved