Kasus Covid-19 di Provinsi Jambi Melandai, Enam Daerah Masuk Zona Hijau

Kasus Covid-19 di Provinsi Jambi terus melandai dan saat ini di Provinsi Jambi terdapat enam daerah yang terdata masuk ke zona hijau

Zulkifli azis
Johansyah 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kasus Covid-19 di Provinsi Jambi terus melandai dan saat ini di Provinsi Jambi terdapat enam daerah yang terdata masuk ke zona hijau.

Ini karena tak adanya penularan kasus pada enam kabupaten yang masuk dalam zona hijau atau tidak ada penularan Covid-19.

Kabupaten kota yang masuk dalam zona hijau tersebut yakni Kabupaten Kerinci, Bungo, Sarolangun, Batanghari, Tanjab Timur, dan Kota Sungaipenuh.

Ini berdasarkan pengamatan dari epidemilogi Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi di lapangan.

“Alhamdulillah sekarang ada enam daerah yang masuk dalam zona hijau, artinya beberapa kabupaten itu penularan kasusnya sudah dapat diantisipasi sementara ini,” kata Johansyah Kepala Bidang Publikasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Jambi, Kamis (30/12/2021).

Sementara untuk yang masih dalam zona kuning tersebut yakni di Kabupaten Tebo, Merangin, Muarojambi, Tanjab Barat, dan Kota Jambi. Menurutnya, di daerah ini masih ada penularan Covid-19 namun dengan kategori rendah.

Penentuan zona tersebut dilihat dari jumlah penambahan kasus yang ada dan sisa kasus, selanjutnya juga dilihat dari kepatuhan masyarakat dalam menerapkan prokes serta tingkat kematian karena Covid-19 di Provinsi Jambi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi Fery Kusnadi mengatakan masyarakat harus tetap mengikuti prokes Covid-19.

Meski kasus di Provinsi Jambi lebih dominan landai, atau tak ada peningkatan yang terlalu signifikan. Namun ini janga terlena, pasalnya saat ini masih ada varian baru yakni varian Omicron.

“Intinya tetap jaga kesehatan, menggunakan masker jaga jarak dan mencuci tangan, kemudian juga kekebalan tubuh juga sangat penting,” kata dia.

Kata dia, Covid-19 varian Omicron tersebut dengan mudah menyebar ke yang lainnya, sehingga bisa memungkinkan kasus akan bertambah jika masyarakat tak berhati-hati dan mengabaikan prokes.

Kalau di Jambi belum ada yang terpapar Omicron, nanti kalau ada yang kita curigai, kita ambil sampelnya dan kita kirim ke litbangkes,” tutupnya.

Baca juga: Guna Capai Target 70 Persen, Pemkab Merangin Gelar Vaksinasi Covid-19 Jelang Akhir Tahun

Baca juga: Inilah 5 Vaksin Covid-19 Ditetapkan Pemerintah Jadi Calon Vaksin Booster 2022

Baca juga: Setelah Covid-19 Mereda, KPK Mulai Buru Harun Masiku dan Mantan Panglima GAM

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved