Apa Kabar Prabowo Subianto ? Ini Hasil Survei  Terbaru  Oleh SMRC

Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terhadap elektabilitas sejumlah tokoh. Hasilnya?

Editor: Deddy Rachmawan
Youtube Deddy Corbuzier
Prabowo Subianto di podcast Deddy Corbuzier 

TRIBUNJAMBI.COM  - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru terhadap elektabilitas sejumlah tokoh. Hasilnya?

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus bersaing ketat.

Mengutip Tribunnews, SMRC memaparkan capaian elektabilitas capres 2024. SMRC mendapat temuan data bahwa pada Maret 2020 elektabilitas Ganjar 6,9 persen, namun meningkat menjadi 19,2 persen pada Desember 2021.  

Elektabilitas Ganjar mengalami peningkatan dan memepet elektabilitas Prabowo.

”Dalam simulasi semi terbuka, pada survei Maret 2020 elektabilitas Ganjar 6,9 persen. Setahun kemudian, Maret 2021, dukungan pada Ganjar menjadi 8,8 persen. Dukungan ini meningkat menjadi 12,6 pada Mei 2021. Dan terus menanjak pada September dan Desember 2021, masing-masing 15,8 dan 19,2 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, Selasa (28/12).

Tak hanya Ganjar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengalami kenaikan elektabilitas sebanyak 3,3 persen dalam periode yang sama, walaupun tidak sekuat Ganjar.

“Anies naik dari 10,1 persen pada Maret 2020 menjadi 13,4 persen pada Desember 2021,” lanjutnya.

Dari data SMRC ini pula menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto cenderung stagnan. Kenaikan elektabilitas dari Maret 2020 hingga Desember 2021 tercatat hanya sebesar 0,2 persen.

”Dukungan kepada Prabowo Subianto tidak banyak berubah. Dari 19,5 persen pada Maret 2020 menjadi 19,7 persen pada Desember 2021,” kata Abbas.

Itu artinya elektabilitas Prabowo dan Ganjar Pranowo hanya berselisih 0,5 persen. Kemudian pada simulasi 15 nama, posisinya tidak berubah. Prabowo bersaing dengan Ganjar Pranowo, dibayang-bayangi Anies.

Baca juga: Gerindra Perlu Siapkan Sandiaga Uno Jadi Alternatif Prabowo Jika Ingin Menang Pilpres 2024

Unggul Dari Prabowo dan Anies, Ganjar Pranowo Dinilai Berpulang Menang di Pilpres 2024

Yang menarik dari survei SMRC ini, di tengah persaingan tiga nama itu, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga masuk dalam bursa calon presiden pada Pilpres 2024. Nama Ahok muncul pada simulasi semi-terbuka.

Ia menempati urutan ketujuh dari 43 nama kandidat, bersaing di papan tengah dengan Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

"Agak sedikit jauh di bawah lima persen Pak AHY 3,7 persen, Sandiaga Uno 3,5 persen, Ridwan Kamil 3,3 persen, dan Basuki Tjahaja Purnama 3 persen," kata Sirojudin. Meski demikian, SMRC tak banyak membahas kemunculan nama Ahok. Bahkan, nama Ahok tidak dimasukkan di simulasi tertutup 15 nama kandidat.

Baca juga: Hasil KedaiKOPI, Ternyata Elektabilitas Anies Lebih Tinggi dari Ganjar dan Ridwa Kamil

Survei terbaru SMRC ini dilakukan pada 8-16 Desember 2021 melalui wawancara langsung. Jumlah sampel awal 2.420 yang dipilih secara acak (multistage random sampling) dari seluruh populasi Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Response rate dari survei sebesar 2.062 atau 85%, sedangkan margin of error dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 2,2 % pada tingkat kepercayaan 95%.

Baca juga: Survei SMRC: Eletabilitas Demokrat Meroket Saat AHY Dikudeta Kubu Moeldoko

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved