8.000 Personel TNI-Polri Diturunkan untuk Pengamanan Misa Malam Natal di Jakarta

Sebanyak 8.000 personel gabungan TNI-Polri disebar ke wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk pengamanan pelaksanaan misa malam Natal 2021, Jumat (24/12)

Tribunnews.com/Fitri Wulandari
Ilustrasi-Misa Natal di Gereja Katedral, Jakarta Pusat 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Setidaknya 8.000 personel gabungan TNI-Polri dikerahkan ke wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk pengamanan pelaksanaan misa malam Natal 2021, Jumat (24/12/2021).

Lebih dari 1.500 gereja di wilayah Polda Metro Jaya saat ini tengah menggelar Misa.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, khusus di malam Misa Natal, pihaknya akan fokus melakukan pengamanan di 1.670 gereja.

Pengamanan rumah ibadah pada malam Misa Natal ini katanya, merupakan rangkaian kegiatan Operasi Lilin Jaya 2021 dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Polda Metro Jaya melakukan pengamanan gereja di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya saat Nataru. Ada 8.000 personel gabungan yang disiapkan mulai 23 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022," kata Zulpan, Jumat (24/12/2021), dilansir dari Tribunnews.

Pengamanan 1.630 gereja dilakukan di wilayah DKI Jakarta, Depok, Kota Tangerang Kota, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi.

"Gereja yg diamankan berjumlah 1.670 saat malam Natal 2021 di seluruh wilayah hukum Polda Metro Jaya," papar Zulpan.

Menurutnya, pengamanan itu diperkuat dengan bersinergi dengan pasukan TNI dan aparat pemerintah daerah setempat.

Aparat gabungan akan bersiaga menjaga keamanan dan ketertiban, agar pelaksanaan ibadah berjalan lancar

Selain itu, personel gabungan juga akan mengawasi penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Zulpan memastikan bahwa pelaksanaan ibadah harus menerapkan prokes ketat dalam rangka pengendalian penularan virus Covid-19.

"Pemprov DKI Jakarta dalam rapat koordinasi, kapasitas gereja maksimal 50 persen. Kemudian untuk bisa masuk ke tempat ibadah, setiap gereja harus ada barcode aplikasi Peduli Lindungi," jelas mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) itu.

Berita ini telah tayang di Kompas.tv

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved