Breaking News:

Berita Jambi

BI Jambi Siap Memenuhi Kebutuhan Pasokan Uang Saat Natal dan Tahun Baru 2022

Berita Jambi-Bank Indonesia (BI) siap memenuhi kebutuhan pasokan uang Natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
ist
Ilustrasi Penukaran Uang 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bank Indonesia (BI) siap memenuhi kebutuhan pasokan uang Natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru).

Menurut Pandu Wirawan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, ini juga merupakan salah satu tugas utama dan BI telah berkoordinasi dengan perbankan wilayah.

"Pada prinsipnya BI siap memenuhi kebutuhan uang natal di masyarakat dan itu salah satu tugas utama kita, kita juga sudah berkoordinasi dengan perbankan di wilayah kota Jambi maupun kas titipan di Kuala Tungkal dan Bungo untuk memproyeksikan berapa kebutuhan uang sampai dengan akhir tahun, agar terpenuhi nya kebutuhan uang nataru," jelasnya.

Pemenuhan uang natal oleh BI, dilakuakan secara bertahap, dan ia menyampikan bahwa akan diatur waktu tertentu untuk penarikan dalam jumlah besar.

"Kita atur waktunya, kita optimalisasi mungkin penarikan bank dalam jumlah besar tidak setiap hari, kita kasih waktu tertentu bank bisa narik untuk jumlah besar. Dan ini lebih efektif bagi perbankan dan lebih efisien juga untuk masyarakat ketimbang narik setiap hari," tambahnya.

BI juga terus berupaya memastikan semua kebutuhan uang bagi masyarakat bisa di penuhi dan BI juga meminta bank-bank untuk melihat kembali ATM-ATM dan non tunai, agar jangan sampai terjadi kekosongan uang nataru.

Selain itu BI juga terus mendong penggunakan Qris agar merchant terus bertambah, selain itu juga agar masyarakat membawa uang secukupnya dan lebih aman bagi masyarakat sendiri.

"kita terus mendorong agar merchant terus bertambah dan kita ada target 125 dan insyallah tercapai tahun ini," lanjutnya.

"Selain itu, ini juga akan membantu masyarakat di akhir tahun, dimana masyarakat tidak perlu membawa uang berlebihan, namun cukup menggunakan gadget untuk bertransaksi di merchant Qris yang sudah ada, sehingga masyarakat juga lebih aman, cepat, murah dan efisien," tutupnya. (Tribunjambi.com/adesw)

Baca juga: Pasar Tradisional Tebo Jelang Nataru 2022 Sepi Pembeli, Beda dari Tahun Sebelumnya

Baca juga: Di Sarolangun Tiga Item Bahan Pokok Naik Jelang Nataru, Pedagang Tak Tahu Penyebabnya

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved