Breaking News:

Berita Merangin

Serapan Anggaran Merangin 86 Persen, Ini Kata Kepala BPKAD

Delapan hari jelang akhir tahun 2021, serapan anggaran Kabupaten Merangin hingga saat ini baru mencapai angka 86 persen.

Tribunjambi/Darwin
BPKAD Merangin 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Delapan hari jelang akhir tahun 2021, serapan anggaran Kabupaten Merangin hingga saat ini baru mencapai angka 86 persen.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Merangin, Masyhuri mengatakan bahwa angka realisasi serapan anggaran 86 persen saat ini berkemungkinan akan bertambah.

Meski demikian, pihaknya mengklaim jika secara keseluruhan serapan anggaran terhadap APBD Kabupaten Merangin terbilang tinggi.

"Rata-rata semua (OPD) tinggi serapan anggarannya tahun ini," ujar Masyhuri.

Dirinya mengaku senang atas capaian tersebut, dalam artian bahwa program pemerintah berjalan dan mudah-mudahan juga tepat sasaran di masyarakat.

"Bidang Pertanian, Pariwisata. intinya yang mendukung perekonomian Nasional, seperti infrastruktur itu tinggi-tinggi semua. di PUPR sendiri, awal tahun mereka sudah ngebut," ungkapnya.

Masyhuri menyampaikan, salah satu faktor tingginya serapan tersebut bahwa saat ini hutang ke pihak ketiga (kontraktor) sudah diselesaikan, yakni tunda bayar dari 2020 ke 2021 sebesar 84 Miliar.

"Pertengahan tahun sudah kita selesaikan semuanya. Jadi tahun depan tidak ada hutang kita ke kontraktor," katanya.

Saat ini lanjutnya, yang menjadi fokus Pemkab Merangin adalah melunasi hutang ke PT SMI, yang mana total yang harus dibayar Kabupaten Merangin sebesar 156 Miliar.

"Tahun depan kita sudah mulai bayar hutang pokok beserta bunganya. Tahun ini bunganya Rp 6 Miliar, hutang itu harus selesai awal Desember 2023 sesuai masa jabatan Bupati. Dari Rp 142 Miliar lebih hutang kita, kita harus bayar Rp 156 Miliar, jadi ada Rp 13 Miliar lebih bunga yang harus kita bayar," terangnya.

"Jadi itulah yang membantu daerah. Artinya enam ruas jalan itu tidak masalah lagi, masyarakat sudah terbantu dengan itu," tambahnya.

Baca juga: Dampak Omicron Umrah Ditunda, Kemenag Merangin Minta Jemaah Menahan Diri

Baca juga: Selamat, Polres Merangin Raih Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi, Satu-satunya di Jambi

Baca juga: SAD di Merangin Kecewa Tak Bisa Ambil Bantuan di E-Warong, Rekening dari Program KKS Kosong

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved