Breaking News:

Berita Jambi

Kuliner Jambi, Kadai KawaSaku Sajikan Minuman Bersejarah

Berita Jambi-Kadai KawaSaku menyajikan aia kawa atau kawa daun, minuman yang memiliki nilai sejarah. Buka sejak Agustus lalu.

Penulis: Fitri Amalia | Editor: Nani Rachmaini
FITRI AMALIA/TRIBUNJAMBI.COM
Kadai KawaSaku dengan minuman bersejarah air kawa 

TRIBUNJAMBI.COM - Kadai KawaSaku menyajikan aia kawa atau kawa daun, minuman yang memiliki nilai sejarah. Kedai milik Zeris Pramadhana ini buka sejak bulan Agustus lalu dan sudah empat bulan berjalan.

Zeris mengatakan, minuman kawa daun ini memiliki hubungan dengan sejarah orang Minang di masa penjajahan.

Dulu Sumatera Barat menjadi salah satu wilayah yang produktif menghasilkan kopi. Sayangnya masyarakat minang tidak dapat menikmati kopi yang dihasilkan karena semua biji kopi diambil oleh penjajah.

"Orang Minang itu gak kehabisan akal gimana caranya bisa menikmati kopi walaupun tidak pakai biji kopinya, akhirnya terciptalah daun kopi yang disangrai dan diseduh daunnya yang dikenal dengan kawa daun," singkat Zeris, Rabu (22/12/2021).

Dia mengatakan dari segi aroma kawa daun hampir mirip dengan kopi, tapi dari segi rasa lebih ringan dibandingkan kopi dan lebih kental rasanya jika dibandingkan dengan teh.

Uniknya minuman ini menggunakan tempat minum yang terbuat dari batok kelapa.

Zeris belajar langsung bagaimana sejarah dan juga menyeduh kawa daun. Kawa daun yang tersedia di kedainya juga menggunakan bahan baku langsung dari Sumatera Barat.

Kadai KawaSaku jadi kedai pertama dan satu-satunya di kota Jambi yang menyajikan kawa daun. Untuk harga, minuman istimewa ini sangat ramah di kantong yakni mulai dari Rp5.000 saja untuk kawa daun original.

"Selain kawa original ada kawa daun gulo aren, kawa daun susu, dan kawa talua. Dan ada juga cemilannya kita sediakan," ujarnya.

Kadai KawaSaku buka dari pukul 19.00-23.00 WIB. Lokasi kedai ini di Simpang Arizona, kawasan Tugu Juang. (*)

Baca juga: Kuliner Jambi, Mak Gembul Hadirkan Ayam Geprek Ala Korea

Baca juga: Kuliner Jambi, Jajal Ayam Geprek Lezat Mak Gembul di Kawasan Pasar Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved