Breaking News:

Berita Batanghari

Festival Lomba Perahu di Batanghari, Pokdarwis Letang Indah Makmur Ikuti Dayung Piring Plastik

Rangkaian kegiatan festival lomba perahu dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Batanghari ke-73 ini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lentang Indah Makm

Penulis: A Musawira | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
tribunjambi/musa
Festival Lomba Perahu di Batanghari, Pokdarwis Letang Indah Makmur Ikuti Dayung Piring Plastik 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Rangkaian kegiatan festival lomba perahu dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Batanghari ke-73 ini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lentang Indah Makmur memusatkan di lokasi Wisata Danau Lentang, Perumnas Muara Bulian.

Dimulai, pada 17-19 Desember 2021 kegiatan diisi oleh festival lomba perahu dan kuliner tradisional.

Total peserta yang mengikuti lomba perahu ini terdiri dari 10 tim dari tingkat RT dan sebanyak 47 tim dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Batanghari serta 19 gerai kuliner tradisional.

“Kami sengaja memberi kesempatan kepada para OPD, walaupun mereka bisa berperahu tetapi sudah lama tidak berperahu. Untuk perahunya sendiri dengan kualitas sangat bagus, sekali dayung kecepatan sangat cepat,” kata Antoni Kosa Wakil Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lentang Indah Makmur, Senin (20/12/2021).

Lazimnya orang menggerakan perahu menggunakan dayung namun dalam perlombaan kali ini, Anton bilang para peserta hanya pakai piring plastik.

“Kita pakai piring plastik sebagai pengganti dayung dengan jarak yang harus ditempuh sekitar 100 meter,” ujarnya.

Pokdarwis Lentang Indah Makmur bukan tanpa alasan memilih dayung yang digunakan bagi para peserta, ia mengartikan dari perlombaan ini sebagai keikhlasan, kesetaraan, kekompakan agar sama-sama mencapai tujuan.

“Ada dua media di sana perahau dan manusia. Kalau kita tidak ikhlas maka tak pernah berhasil sampai tujuan pasti akan karam. Diorganisasi pun juga seperti itu untuk menjaga kekompakan, harapan saya kegiatan inu bisa dikembangkan agar kami serasi dan selaras dengan Pemda,” ucapnya.

Pemerintah Daerah kata dia akan sampai tujuan dalam hal membentuk satu di antara icon kepariwisataan di daerah ini sekaligus bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ke depan kami berusahaa koordinasi dengan Kormi untuk bisa dilaksanakan kegiatan dimomen-momen tertentu supaya keasrian Danau Letang tetap terjaga,” katanya.

Daftar pemenang lomba perahu dalam rangkaian Hari Jadi Batanghari ke -73:

1.Tingkat RT Perumnas Muara Bulian: Juara 1 diraih RT 18, juara 2 RT 12 dan Juara 3 RT 11.

2.Tingkat OPD Lingkup Pemkab Batanghari: Juara 1 diraih Kecamatan Maro Sebo Ilir, Juara 2 diraih Kecamatan Muara Tembesi dan PDAM berhasil juara 3.

Baca juga: Pemkab Batanghari Buka Rekrutmen PTT, Sekda: Pelamar Jangan Percaya Sama Calo

Baca juga: Dari 62 Desa di Batanghari, Tiga Desa Ini Cacat Hukum dan Dijabat Pj, Ini Penjelasan Sekda

Baca juga: Batanghari Belum Penuhi Kriteria untuk Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Ini Kata Kadinkes

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved