Breaking News:

Berita Jambi

Support MBKM, Program Kemahasiswaan Faperta UNJA Raih Prestasi Nasional

Berita Jambi-Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuntut perguruan tinggi memiliki kemampuan adaptasi

Editor: Nani Rachmaini
Istimewa
Support MBKM, Program Kemahasiswaan Faperta UNJA Raih Prestasi Nasional 

JAMBI- Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menuntut perguruan tinggi memiliki kemampuan adaptasi dan melakukan transfomasi dalam melaksanakan pendidikan tinggi yang relevan dengan dinamika kekinian dari masyarakat dan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu kampus perlu membuka ruang dan kesempatan kepada setiap mahasiswa untuk mengembangkan potensi sesuai peminatan masing-masing mahasiswa melalui pembelajaran berbasis pengalaman atau experience learning.

Untuk mendukung Program MBKM, Universitas Jambi (UNJA) mengembangkan beberapa kegiatan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa mendapatkan sumber pembelajaran dan pengalaman diluar kampus, yang dapat direkognisi menjadi menjadi kegiatan akademik hingga 20 sks.

Rektor UNJA, Prof Drs. H. Sutrisno, M.Sc, Ph.D menyatakan, saat ini UNJA terus melakukan berbagai inovasi dan mengembangkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk merespon kebijakan MBKM ini.

“ Seperti Program Desa Laboratorium terpadu (DLT), Program Doktor Berkarya, program Pusat Unggulan IPTEKS (PUI-PT), Program Mahasiswa Merdeka (PMM), program Kredensial MikroMahasiswa Indonesia (KMMI), Program Riset Unggulan Program Studi, Program Kampus Mengajar, Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Proyek Kemanusiaan, Program Macthing Fund, Kerjasama Kampus dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Program Studi Independent dan Program Pejuang Muda, Kerjasama dengan Kementerian Sosial.
Kegiatan-kegiatan ini telah mengikutsertakan lebih dari 4.500 mahasiswa UNJA beraktivitas dan mendapatkan pengalaman di luar kampus,” Ujar Rektor.

UNJA juga mengembangkan beragam kegiatan kemahasiswaan sebagai ruang bagi implementasi MBKM, seperti Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Wira Desa. Pada program PHP2D, UNJA mampu mencatat prestasi sebagai rangking III nasional perolehan jumlah judul yang lolos seleksi nasional, yakni 11 judul, dari berbagai Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) di Universitas Jambi.

PHP2D dengan judul “Pengembangan Potensi Desa Ibru Sebagai Destinasi Agrowisata dengan Strategi Pengelolaan Home Industry Biofarmaka” dari BEM Fakultas Pertanian menorehkan prestasi, sebagai penerima Anugerah Abdidaya 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dan berhasil menggaet tiga penghargaan sekaligus, yakni Juara 1 Ketegori Lembaga Mitra Desa, Juara 2 Ketegori Support System Perguruan Tinggi dan Tim Favorit kategori ORMAWA.

Taufik Natogu, sebagai Ketua tim menyatakan, PHP2D yang dilaksanakan di Desa Ibru Kecamatan Mestong Kabupaten Muaro Jambi mendorong pemberdayaan masyarakat melalui 3 kegiatan utama, yaitu pembuatan lahan percontohan budidaya biofar maka untuk agrowisata, pembuatan rumah kompos, dan pembuatan di versifikasi produk kunyit. Mahasiswa Jurusan Teknologi Pertanian UNJA ini melanjutkan, Inovasi dan teknologi yang dikembangkan program ini adalah penggunaan teknologi sprinklep adalahan percontohan, teknologi penjemuran ala rumah ayam pada kegiatan produksi kunyit menjadi bubuk, serta inovasi pembuatan produk olahan kunyit (bubuk kunyit).

Sementara itu Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FAPERTA UNJA, Dr. Fuad Muchlis, S.P, M.Si menyatakan, capaian-capaian kegiatan kemahasiswan seperti PHP2D, menunjukkan, bahwa mahasiswa sesungguhnya memiliki potensi dan kemampuan berkontribusi nyata, membangun dan memberdayakan masyarakat, terutama di pedesaan.

“ Peran kami adalah memfasilitasi, dan memotivasi agar kreativitas mereka terus bertumbuh di kampus dan diimplemenasikan di masyarakat, termasuk mengembangkan jejaring ORMAWA untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan stakeholders terkait,” Terang Fuad.

Sebagaimana diketahui, dalam kegiatan PHP2D ini, Mahasiswa Faperta UNJA melibatkan mitra dari PEMDES, BUMDES, Kelompok Wanita Tani (KWT), Pesantren di Desa Ibru dan berhasil menginisiasi lahirnya kelompok produksi rimpang yang diharapkan mampu menjadi penarik minat masyarakat mengembangkan potensi SDA yang tersedia untuk meningkatkan perekonomian mereka.

#Universitas Jambi
Website : https://www.unja.ac.id

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved