Breaking News:

Kemenaker Luncurkan SKKNI Bidang Kecantikan, Disnaker Jambi Rencana Lakukan Ini

Kemenaker meluncurkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kecantikan, spa, dan Pemandu karaoke, Rabu (8/12/2021).

Penulis: Monang Widyoko | Editor: Teguh Suprayitno
istimewa
Ilustrasi-make up artist (MUA) Jambi, Deni Ftian. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) meluncurkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kecantikan, spa, dan Pemandu karaoke, Rabu (8/12/2021).

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi, Bahari, menilai memang sangat penting kompetensi untuk para pekerja bidang kecantikan, spa, dan pemandu karaoke.

Ia pun mengungkapkan, Provinsi Jambi telah melaksanakan pelatihan serta uji kompetensi bidang kecantikan, yakni khususnya untuk tata rias.

"Pada dasarnya semua pekerjaan harus dilakukan dan dikerjakan oleh orang yang profesional. Makanya dilakukan pelatihan dan uji kompetensi yang kemudian diberikan sertifikat uji komptensi bagi yang lulus," ungkap Bahari, Jumat (10/12/2021).

Sebelum diluncurkannya SKNNI bidang kecantikan, spa, dan pemandu karaoke ini, dirinya menjelaskan Disnakertrans Provinsi Jambi telah mengadakan pelatihan dan uji kompetensi dalam bidang tata rias. Namun untuk spa dan pemandu karaoke dirinya mengaku masih belum melaksanakannya.

"Kemarin kita melakukan uji kompetensi untuk tata rias, dan untuk bidang lainnya dilakukan juga uji kompetensi agar berkompeten." katanya.

Baca juga: Arti Nama Oky Pratama, Dokter Asal Jambi yang Berikan Ria Ricis Klinik Kecantikan

Baca juga: Natasha Wilona Puji Kecantikan Ria Ricis Usai Menikah dengan Teuku Ryan: Auranya Langsung Muncrat

Sementara terkait pelatihan dan uji kompetensi bidang spa dan pemandu karoke yang belum dilakukan di Jambi, dirinya mengatakan akan melihat perkembangan ke depan.

"Yang jelas nanti instruktur LPK sarana pelatihan juga harus memenuhi standar dan nanti akan kita usahakan," pungkasnya.

(Tribunjambi.com/Widyoko)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved