Breaking News:

Berita Jambi

Terungkap BPK Beri Ribuan Rekomendasi Untuk Pemda di Jambi Namun Tak Kunjung Ditindaklanjuti

Berita Jambi-Ribuan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi dalam hasil auditnya

Penulis: Deddy Rachmawan | Editor: Nani Rachmaini
TRIBUNJAMBI.COM/DEDDY RACHMAWAN
BPK Perwakilan Provinsi Jambi saat memperkenalkan Lounge Akustik, 8 Desember 2021 

*Perkenalkan Ruang Akustik

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Ribuan rekomendasi yang dikeluarkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jambi dalam hasil auditnya ternyata belum ditindaklanjuti oleh pemda di Jambi. Padahal, pemda diberikan waktu 60 hari untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Data yang disampaikan oleh Kepala Subauditorat BPK Perwakilan Provinsi Jambi II, Nelson Humiras Halomoan Siregar sampai dengan Semester I 2021 ada 13.805 rekomendasi yang diberikan oleh BPK Perwakilan Provinsi Jambi.

“Rekomendasi yang selesai ditindaklanjuti sebanyak 9.766 rekomendasi atau 70,74 persen dan yang belum selesai ditindaklanjuti sebanyak 3.469 rekomendasi atau 25,13 persen. Itu dari berbagai macam temuan dari dulu sampai sekarang,” katanya seusai acara Media Workshop, kemarin (8/12/21).

Rekomendasi yang urung dituntaskan tersebut tersebar di pemerintahan daerah yang ada di Provinsi Jambi. Padahal tindak lanjut rekomendasi yang wajib disampaikan kepada BPK tersebut berupa jawaban atau penjelasan yang dilampiri dengan dokumen pendukung yang lengkap.

Nelson menyebut pihak BPK sejauh ini sedang mantau tindak lanjut tersebut. Itu dilakukan misalnya dengan mendorong inspektorat supaya segera menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

“Mudah-mudahan ada peningkatan. Nanti akhir tahun kita cek lagi progresnya. Kita biasnya ada dua kali setahun (pemantauan tindak lanjut), 31 Juni, 31 Desember,” ucapnya. Rekomendasi yang tak kunjung dituntaskan tersebut umumnya berkaitan dengan pihak ketiga. Persoalannya pada kekurangan pembayaran, kekurangan volume. “Itu paling sulit karena menyangkut pihak ketiga,” kata Nelson. Selain itu, sambungnya, ada temuan lain berupa persoalan aset dan administrasi.

Ruang Akustik

Kemarin Badan Pemeriksaan Keuangan Perwakilan Provinsi Jambi memperkenalkan inovasi mereka berupa ruangan yang bisa diakses oleh publik.

Ruangan yang menjadi sentra informasi ini diperkenalkan kepada media saat acara Media Workshop, Rabu (8/12).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved