Breaking News:

Berita Ekonomi Jambi

Nilai Impor Provinsi Jambi Oktober 2021 Turun 41,37 Persen

Berita Jambi-Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai impor Provinsi Jambi Oktober 2021 turun sebesar 41,37 persen

Penulis: Ade Setyawati | Editor: Nani Rachmaini
tribunjambi/fitri
Agus Sudibyo, Kepala BPS Provinsi Jambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menurut Data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai impor Provinsi Jambi Oktober 2021 turun sebesar 41,37 persen dibanding bulan sebelumnya, yaitu dari US$ 3,05 juta pada bulan September 2021 menjadi US$ 1,79 juta pada bulan Oktober 2021.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi Agus Sudibyo M.Stat mengatakan, "Penurunan impor ini dipicu oleh turunnya nilai impor pada kelompok komoditi makanan dan sejenisnya, kelompok komoditi bahan kimia dan sejenisnya, kelompok komoditi karet dan sejenisnya, serta kelompok komoditi mesin dan alat angkutan," jelasnya.

Hingga Bulan Oktober 2021, impor Kelompok Mesin dan alat angkutan memberikan kontribusi sebesar 41,28 persen dari total impor, diikuti Kelompok Komoditi Bahan kimia dan sejenisnya sebesar 31,37 persen, dan Kelompok komoditi Makanan dan sejenisnya sebesar 14,91 persen.

Untuk kelompok komoditi Hasil Industri dan lainnya berperan sebesar 11,78 persen dan kelompok komoditi Karet dan sejenisnya hanya berperan 0,67 persen.

Lima negara dengan transaksi Impor terbesar pada Bulan Oktober 2021 adalah dari negara Singapura, Cina, India, Australia, dan Austria.

Sampai dengan Bulan Oktober kelompok Mesin dan Alat Angkutan memiliki kontribusi terbesar terhadap total Impor di Jambi yaitu sebesar 41,28 persen, diikuti kelompok komoditi bahan kimia dan sejenisnya sebesar 31,37 persen, dan kelompok komoditi makanan dan sejenisnya sebesar 14,91 persen.

perkembangan nilai impor Provinsi Jambi Bulan Oktober 2021 dari negara-negara pengimpor utama.

"Transaksi impor terbesar sampai dengan Bulan Oktober 2021 adalah dari negara Singapura yang mencapai 33,43 persen disusul dari Cina yaitu sebesar 22,46 persen," tutupnya.

Ia juga mengatakan Impor Provinsi Jambi melalui tiga pelabuhan laut utama di Jambi yaitu: Pelabuhan Talang Duku Jambi, Muara Sabak dan Kuala Tungkal serta pelabuhan udara Bandara Sultan Thaha.
(Tibunjambi/adesw).

Baca juga: Ayo Kunjungi Al Nasir Karpet di Jelutung, Produk Impor Turki dan Iran Tahan Puluhan Tahun

Baca juga: Gunakan Bahan Impor, Bibot Cheese Stick Story Mulai Dilirik Pecinta Kuliner di Jambi

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved