Breaking News:

Berita Tanjabbar

Rapat Penguatan RPJMD, Bupati Tanjabbar Minta OPD Tingkatkan Pengelolaan Administrasi

Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat minta OPD tingkatkan pengelolaan administrasi dalam rapat penguatan RPJMD Kabupaten Tanjabbar Tahun 2021-2026.

ist
Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat minta OPD tingkatkan pengelolaan administrasi dalam rapat penguatan RPJMD Kabupaten Tanjabbar Tahun 2021-2026. 

TRIBUNJAMBI.COM, KUALATUNGKAL - Pimpin rapat penguatan RPJMD Kabupaten Tanjabbar Tahun 2021-2026 di Aula Kantor Bappeda, Bupati Tanjabbar, Anwar Sadat minta OPD tingkatkan pengelolaan administrasi, Rabu (8/12/2021).

“Ini mungkin saya kira salah satu kelemahan kita adalah tata kelola administrasi di OPD, karena memang bisa kita lihat yang kerja itu memang yang rajin saja ketika yang rajin itu sakit makanya kerjaan itu tidak tuntas dan ini adalah pola yang terjadi di Kabupaten Tanjabbar, dan kemarin saya sudah SK kan di setiap OPD itu sudah ada satu orang yang mengelola SIPD (Sistem Informasi Penbangunan Daerah) sehingga semua datanya bisa masuk,” ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap setiap OPD dapat meningkatkan kualitas SDM terutama dalam penggunaan aplikasi administrasi, mengingat kemajuan jaman yang serba digitalisasi.

Menurutnya, Kabupaten Tanjabbar salah satu Kabupaten yang tertinggal dalam penggunaan aplikasi.

"Ini sangat penting, terus terang saja di era digitalisasi ini memang suka atau tidak suka kita semua memang harus masuk ke era itu, penggunaan aplikasi dan Kabupaten Tanjabbar termasuk salah satu yang ketinggalan," ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati juga minta setiap OPD dapat menyusun perencanaan program dan kegiatan untuk tahun kedepan yang tentunya selaras dengan Visi Misi Bupati yang tertuang di RPJMD.

“Di SAKIP, dari 31 OPD rata-rata nilainya 20, itu menunjukkan di setiap OPD bahwa perencanaan untuk satu tahun kedepan itu tidak ada, dan itu yang paling rendah di SAKIP, sehingga program untuk tahun selanjutnya belum jelas, seharusnya seluruh OPD itu sudah memiliki perencanaan dan program penguatan untuk tahun selanjutnya yang mengacu kepada RPJMD yang di visi misi Bupati dan Wakil Bupati yang sudah menjadi Renstra,” ujar Bupati.

"Jadi RKA (Rencana Kerja dan Anggaran) dan Renja (Rencana Kerja) permohonan program kita itu dimasukkan tetapi diselaraskan dan disinkronkan dengar Renstra, RPJMD, serta visi misi, supaya datanya sinkron agar kita bisa mengukur capaian karena indikatornya begitu dan inilah tugas seluruh Kepala Dinas dan jajarannya," tambahnya.

Diakhir sambutannya, Bupati menambahkan terkait SSH (Stabdar Satuan Harga), bahwa masih banyak yang belum menyusunnya.

Terkait hal itu, Bupati mengimbau agar OPD segera menyusun usulan SSH dengan standar yang telah ditetapkan oleh Dirjen Keuangan sehingga kita bisa mengacu kepada program yang akan dimasukkan ke RKA.

Baca juga: Bupati Tanjabbar Beri Bantuan dan Tinjau Pembangunan Masjid Raudhatul Muttaqin di Pembengis

Baca juga: Bupati Tanjabbar Kunjungi Tanoto Foundation Jambi, Bahas Peningkatan Mutu Pendidikan

Baca juga: 20 Peserta Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Membatik di Muara Papalik oleh Dekranasda Tanjabbar

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved