Breaking News:

Berita Tanjabtim

Ketua KPU Tanjabtim Dititipkan di Sel Tahanan Polres Bersama Dua Tersangka Lainnya

Pasca penyerahan diri Ketua KPU Tanjabtim Nurcholis Rabu, Kejari Tanjabtim lakukan penahanan dan akan segera melakukan pemeriksaan lanjutan

Abdullah Usman
Ketua KPU Tanjabtim, Nurcholis tiba di Kejari Tanjabtim 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARASABAK - Pasca penyerahan diri Ketua KPU Tanjabtim Nurcholis pada Rabu (1/12/2021), Kejari Tanjabtim lakukan penahanan dan akan segera melakukan pemeriksaan lanjutan.

Setelah resmi ditetapkan sebagai DPO oleh Kejari Tanjabtim, tertanggal 12 November 2021 lalu, akhirnya N bersama Kuasa Hukumnya menyerahkan diri di Kantor Kejati Jambi. Sebelum akhirnya dikirim ke Kejari Tanjabtim. 

Sekitar pukul 22.56 Wib, Nurkholis tersangka tipikor dana hibah Pilkada Jambi 2020 tiba di Kejari Tanjabtim. Setibanya di Kejari Nurcholis langsung digiring masuk menuju gedung Kejari didampingi oleh kuasa hukum. 

Kajari Tanjabtim Rachmad Surya Lubis, menuturkan, setelah melakukan pemeriksaan saat ini Nurcholis langsung dilakukan penahanan dan dititipkan di tahanan Polres Kabupaten Tanjabtim.

"Setelah diserahkan dari Kejati Jambi, kemudian Nurcholis langsung kita ambil keterangan dan langsung dilakukan penahanan, " ujarnya., Kamis (2/12/2021

Setelah ini, lanjut Rachmad, pihaknya akan sesegera mungkin melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap Nurcholish guna melengkapi berkas dan keperluan lainnya. 

Terkait informasi bakal adanya penyerahan diri dari Ketua KPU tersebut, Kajari menuturkan pihaknya hanya mendapatkan informasi sebatas kabar saja. Tidak diketahui pasti kapan yang bersangkutan akan menyerahkan diri. 

"Informasi yang kita Terima selama ini hanya sebatas katanya saja. Yang jelas pada 1 Desember yang bersangkutan sudah menyerahkan diri, " jelasnya. 

Sementara itu terkait penyerahan diri Ketua KPU di Kejati Jambi kenapa tidak seharusnya di Kejati Tanjabtim langsung, Kuasa Hukum Nurcholis Hazmin menuturkan, hal tersebut sama saja, baik diserahkan langsung ke kejati maupun kejari mengingat status kliennya merupakan DPO Skala Nasional.

"Saya rasa untuk menyerahkan diri kemana saja, karena ini terkait DPO pihak manapun pasti menerima. Baik itu Kejati maupun pihak kepolisian sekalipun," ujarnya.

Terkait proses penyerahan diri Nurcholis sendiri, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Tim Kejari Tanjabtim. Bahkan awalnya kliennya akan menyerahkan diri pada hari Minggu. Namun pihak Kejari menolak karena bukan pada jam kerja.

Baca juga: Penyerahan Diri Nurkholis Ketua KPU Tanjabtim, Kejati: Mungkin Sudah ada Kesadaran Diri

Baca juga: Ketua KPU Tanjabtim Serahkan Diri, Kuasa Hukum: Ada Upaya Jemput Paksa Meski Komitmen Serahkan Diri

Baca juga: Serahkan Diri ke Kejati Jambi, Nurkholis Ketua KPU Tanjabtim Mengaku Santai dan Dalam Kondisi Baik

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved